Perusahaan Kapal Cepat di Gili Diminta Akomodir Transportasi Lokal

Tanjung (Suara NTB)– Asosiasi transportasi lokal yang tergabung dalam Koperasi Karya Bahari Lombok Utara meminta perusahaan fast boat atau kapal cepat yang beroperasi di tiga Gili untuk bekerjasama dengan pengusaha transportasi lokal.

“Sebelum pandemi, kami sudah buat perjanjian yang sudah disepakati bersama. Kami minta perjanjian itu kembali dijalankan,” ujar Ketua Koperasi Karya Bahari Lombok Utara Sabarudin, Minggu 17 Juli 2022.

Dia mengungkapkan beberapa perusahaan fast boat yang berasal dari Bali melayani penumpang di wilayah tiga Gili. Hal itu yang memicu protes dari anggota Koperasi Karya Bahari karena dinilai mengganggu pengangkutan penumpang kapal fast boat lokal.

“Ini akibat belum adanya realisasi komitmen yang sudah disepakati. Tapi tidak direalisasikan,” ungkap Sabarudin.

Sebelumnya, Sabarudin mengaku telah dibuat perjanjian, namun sampai dengan saat ini tidak sesuai dengan komitmen dalam fakta notaris perjanjian.“Kami minta kepada Pemda Lombok Utara untuk segera memfasilitasi dengan perusahaan fast boat,” pintanya.

Saat ini ada 12 perusahaan fast boat yang mengangkut penumpang dari Gili langsung ke Bali. Akibatnya pendapatan dari public boat dan speed boat milik anggota Koperasi Karya Bahari yang berasal dari Gili mengalami penurunan.

“Mereka meminta yang akan mengangkut penumpang dari tiga Gili agar mengangkut penumpang di Pelabuhan Bangsal. Hal tersebut untuk memberikan pendapatan lebih kepada public boat milik warga setempat,” kata Sabarudin.
Pemda Lombok Utara menurutnya sudah memediasi antara Koperasi Karya Bahari dengan perusahaan fast boat yang menghasilkan draft perjanjian.

“Draft perjanjian tersebut sudah dibagikan. Tetapi hingga saat ini hanya satu perusahaan yaitu Kapal Eka Jaya yang bersedia bekerjasama dengan Koperasi Karya Bahari,” tutur Sabarudin

Kedepan, pihaknya berharap seluruh perusahaan bersedia menjalin bekerjasama.“Kami minta perusahaan fast boat yang tidak bersedia bekerjasama dengan dengan kami, silahkan mengangkut penumpang di Pelabuhan Bangsal,” imbuhnya.(ris/r)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Kasus Tanah Eks GTI, Menteri ATR/BPN akan Cek ke Gili Trawangan

0
Jakarta (Suara NTB) – Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto akan mengecek langsung tanah pemerintah yang sebelumnya dikuasai PT. Gili Trawangan...

Latest Posts

Kasus Tanah Eks GTI, Menteri ATR/BPN akan Cek ke Gili Trawangan

Jakarta (Suara NTB) – Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan...

Disnakertrans NTB Beberkan Modus Ijon pada Perekrutan CPMI

PENANGGULANGAN Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal tidak hanya menjadi...

KEK Diharap Kembangkan Kawasan Ekonomi Daerah

Mataram (Suara NTB) - Membangun beberapa pengembangan kawasan ekonomi...

Petani Porang di Sekotong Tengah Keluhkan Ruas Jalan Rusak

Akibat jalan rusak di wilayah terisolir Dusun Serero Desa...

Peredaran Dua Kilogram Narkoba di NTB Digagalkan

Mataram (Suara NTB) - Polda NTB menggagalkan peredaran narkoba...