Lepas KKL UNSA, Bupati Minta Program Kerja Harus Sesuai Potensi Desa

0
Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah dan Rektor UNSA saat pelepasan mahasiswa KKL di aula kampus UNSA, Sabtu, 16 Juli 2022.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sebanyak 299 Mahasiswa Universitas Samawa (UNSA) dilepas Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah. Untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL), di aula kampus UNSA, Sabtu, 16 Juli 2022.

Para mahasiswa KKL angkatan ke XXIV tersebut nantinya akan disebar ke 9 Kecamatan terluar di Kabupaten Sumbawa. Seperti Kecamatan Orong Telu, Batu Lanteh, Ropang, dan Tarano. Selanjutnya mereka akan melaksanakan KKL mulai 17 Juli hingga 17 September 2022.

Bupati berharap mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan di lapangan. Kemudian dapat menawarkan solusi dari permasalahan tersebut. Terkait hal itu, Bupati meminta para mahasiswa KKL agar dapat terjun langsung ke lapangan. Serta menjalin kerjasama yang sinergis  dengan pemerintah desa dan instansi terkait lingkup Pemkab Sumbawa maupun pihak-pihak lainnya. Agar program-program KKL yang dijalankan dapat menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. “Mahasiswa KKL harus terjun langsung ke lapangan. Gali potensi yang ada di desa, dan sesuaikan program kerja dengan potensi yang ada di desa tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Samawa, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd., berpesan agar selama pelaksanaan KKL, para mahasiswa dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat setempat. Menjunjung tinggi adat istiadat yang berlaku di tengah-tengah masyarakat. Serta menjaga nama baik almamater UNSA dengan menghindari hal-hal yang bertentangan dengan norma agama maupun norma kesopanan seperti minum minuman keras atau melakukan tindakan tidak terpuji lainnya.

“Mudah-mudahan pelaksanaan KKL UNSA tahun ini dapat semakin menambah catatan baik tentang kontribusi perguruan tinggi terhadap pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” tukasnya. (arn)