Desitinasi Baru di Narmada, Bukit Mangga Sajikan Panorama Alam dan ”Sunset”

0
Panorama alam Sesaot dan Sunset bisa dinikmati dari Bukit Mangga

JIKA berwisata ke wilayah Narmada, ada salah satu destinasi yang sebaiknya dikunjungi, namanya Bukit Mangga. Bukit yang satu ini terletak di Dusun Sesaot Timuk, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Bukit Mangga menawarkan keindahan alam yang menyejukkan mata. Hamparan permukiman warga, hutan hijau, dan pegunungan. Tidak sekadar menyuguhkan landscape alam yang indah, Bukit Mangga juga memberikan pengalaman nongkrong dengan latar belakang Masjid yang menakjubkan sejauh mata memandang.

Semakin memikat saat memasuki waktu senja. Akan terlihat warna langit yang perlahan berubah menjadi jingga, mengiringi detik-detik sang surya membenamkan dirinya di ufuk barat untuk bisa menikmati sunset.

Paduan pemandangan itu rupanya sanggup membuat siapapun yang berkunjung akan betah lama-lama di bukit ini karena disediakan juga spot foto berupa miniatur bintang besar. Selain itu, bukit ini juga menjadi surga bagi para pencinta swafoto. Ini tidak lepas berkat keindahan alamnya. Panorama yang indah ini pula yang membuat Bukit Mangga menjadi populer di media sosial.

Seperti Rudy, salah satu wisatawan lokal asal Narmada yang mengetahui Bukit Mangga dari media sosial facebook. Akhirnya, dia dan teman-temannya untuk mengunjungi bukit ini.

“Perjalanan kita menuju bukit ini tidak terlalu jauh, karena satu jalur menuju ke Camp Vetong Hill Sesaot pas samping Kantor Desa Sesaot. Setelah sampai lokasi bukit, pemandangannya luar biasa dan sangat indah. Untuk fasilitas, kita disini sudah disediakan bangku-bangku dan meja kayu yang unik untuk setiap pengunjung, agar wisatawan semakin betah di sini sambil menikmati kopi khas Sesaot,” ungkap Rudy di lokasi bukit, Minggu, 17 Juli 2022.

Dia menuturkan, di Bukit Mangga ini menawarkan keasrian alam yang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.”Di puncak bukit ini kita bisa melihat view pemandangan alam berlatar pegunungan, permukiman warga, hutan hijau dan masjid dari kejauhan. Sedangkan pada malam hari bisa melihat lampu-lampu permukiman warga dan bertabur bintang layaknya negeri para dongeng,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Desa Sesaot Yuni Hariseni mengatakan, Bukit Mangga ini salah satu tempat kunjungan karena disana itu para pengunjung disuguhkan dengan panorama alam yang ada di Sesaot.

“Awalnya di sana itu kita taruh pos pantau keamanan sebenarnya. Jadi setiap malam teman-teman Linmas, Babinkamtibmas dan Babinsa melakukan pemantauan. Jadi kita bisa memantau aktivitas, kondusifitas dan menciptakan kondisifitas dari sana kita memantau, jangan sampai ada hal-hal terjadi di luar yang kita inginkan,” katanya.

Akan tetapi, di Bukit Mangga ini tentunya dari pemilik punya ide yang ingin dikembangkan sehingga Bukit Mangga ini lebih terkenal lagi. “Jadi kita sangat bersyukur sekali dan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh pemilik Bukit Mangga atas inovasinya yang luar biasa. Kedepan destinasi ini bisa menjadi salah satu yang kita masukkan di paket wisata Sesaot yang bisa dikunjungi,” terangnya.

Kades dua periode ini berharap, bagaimana supaya Desa Sesaot terus bisa ada kunjungan. Kemudian Bukit Mangga ini juga menjadi salah satu tempat wisata untuk dikunjungi. “Akses jalan ya mungkin yang harus kita perbaiki menuju Bukit Mangga. Menuju Bukit Mangga juga harus ada papan penunjuk arah yang tentunya dari wisatawan berkunjung bisa melirik Bukit Mangga ternyata ada di Sesaot,” tutupnya.(her)