Pembina Poktan Porang Berharap Bantuan Gudang Penyimpanan

Tanjung (Suara NTB) – Pembina kelompok tani Porang, Prof. Ir. Suwardji, M.App.Sc., Ph.D., berharap adanya dukungan pemerintah maupun pemerintah desa bagi kelompok Porang. Sarana yang dinilai paling dibutuhkan adalah gudang penyimpanan chips kering. “Harapan kita ada bantuan gudang di 11 desa sehingga kualitas pascapanen terjaga dengan baik sampai ekspor,” ungkap Suwardji, Jumat, 15 Juli 2022.

Ia menyebut, hingga saat ini jumlah kelompok Porang dampingan PT. Astra Internasional di Lombok Utara sebanyak 14 kelompok. Jumlah ini potensial bertambah seiring minat petani yang responsif terhadap ekspor ke Cina dari Lombok Utara.

Suwardji melihat, sejumlah kepala daerah sudah mulai menyisir budidaya Porang sebagai sektor inklusif. Salah satunya Lombok Timur. Saat berkunjung dan menjadi narasumber beberapa waktu lalu, ia mendapati jika Bupati Lotim telah melakukan pendekatan dana pusat yang cukup agresif.

“Lotim dapat DAK Rp 10 miliar untuk pendirian rumah kemas Porang,” imbuhnya seraya berharap Pemda KLU mulai mengarahkan radar kebijakan ke arah rumah kemasan. Bahkan menurut Suwardji lagi, berharap saja tidak cukup. Ia sepakat, jika kelompok tani Porang mulai mendekat ke lembaga legislatif untuk hearing menyuarakan kebutuhan petani Porang.

“Ada baiknya koperasi (Porang – Berkah Gumi Lombok – Lombok Utara) bersurat ke DPRD mekakukan hearing dengan anggota DPRD,” katanya. “Atas nama 800 petani diwakili 14 Ketua Kelompok, Ketua Koperasi, presentasi ke dewan. Peluang Bisnis Porang KLU berperan dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran,” jelasnya.

Hearing itu lanjut dia, tidak lepas dari rencana jangka menengah dan panjang dari dirinya selaku pembina petani. Petani tidak hanya diharapkan mandiri lebih cepat dalam proses budidaya, tetapi juga mampu memproduksi varian porang setengah jadi dan barang jadi. “Sekarang lulus eskpor, tahun depan petani harus bisa memproduksi tepung,” tegasnya. “Pemikiran saya, tidak hanya ekspor tepung. Dan kalau bisa, yang kita produksi dan ekspor itu dalam bentuk glukomanannya, tapi ini masih jauh,” pungkasnya. (ari)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...