Berharap Maju ke Tingkat Nasional

KELURAHAN Dayan Peken, Kecamatan Ampenan mewakili Kota Mataram dalam lomba kelurahan tingkat provinsi. Inovasi pelayanan E-Sampan akan mempermudah pelayanan administrasi bagi masyarakat. Terobosan tersebut diharapkan dapat mewakili NTB di tingkat nasional.

Lurah Dayan Peken, Mujtahidin mengatakan, pihaknya mewakili Kota Mataram dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi NTB. Segala lini menjadi penilaian dipersiapkan sejak lama yakni di bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Di bidang hubungan kemasyarakatan mulai digalakkan pos kamling untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Selanjutnya, pemerintahan menjadi inovasi andalan adalah e-sampan. Program ini mempermudah masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan dengan cepat dan tepat.  Selain itu, pihaknya memiliki program CLBK atau Cinta Cipta Literasi Berbasis Keluarga. “Jadi ada delapan program yang kita tampilkan,” kata Mujtahidin ditemui Jumat, 15 Juli 2022.

Ia melihat tingkat literasi masyarakat belum berada pada posisi yang bagus. Karena itu, pihaknya mendorong agar literasi dimulai dari lingkungan keluarga. Konsepnya adalah setiap orangtua diwajibkan mengajarkan anak-anaknya untuk membaca minimal selama 10 menit selama 21 hari. Nantinya anak-anak akan terbiasa membaca buku dan menambah wawasan mereka. “Jadi nanti anak-anak akan terbiasa membaca jika sudah dimulai sejak dini,” ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap program literasi keluarga tersebut, pihaknya mempersiapkan pojok baca di kantor lurah. Masyarakat yang membawa anak-anaknya untuk mengurus administrasi kependudukan dapat memanfaatkan pojok baca sebagai tempat bermain dan membaca buku. Fasilitas pojok baca akan dikembangkan dan tata kembali, sehingga memberi ruang aman dan nyaman bagi pengunjung. “Insya Allah, kita akan tata kembali,” tandasnya.

Mujtahidin mengharapkan, program yang tampilkan dalam lomba kelurahan tingkat provinsi mendapatkan juara, sehingga pihaknya bisa mewakili NTB dalam ajang lomba kelurahan tingkat nasional.

Karena itu, pihaknya mulai sekarang mulai berbenah dan mempersiapkan inovasi atau program-program yang mendukung pelaksanaan lomba di tingkat nasional. Selain itu, ia meminta partisipasi dan dukungan masyarakat terutama dalam mengembangkan program cinta cipta literasi berbasis keluarga. Program ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas generasi muda kedepannya. (cem)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...