Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan Sumbang Buku pada Perpustakaan Sengkerang

0
Kepala Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan NTB Tri Budiprayitno mengunjungi Perpustakaan Desa Sengkerang Kecamatan Praya Timur, Kamis, 14 Juli 2022. Pada kunjungan ini, juga diserahkan buku bacaan bagi perpustakaan setempat. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan Provinsi NTB memberikan sumbangan buku bacaan pada Perpustakaan Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah, Kamis, 14 Juli 2022. Penyerahan buku bacaan ini dilakukan langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB Drs. Tri Budiprayitno pada pengurus perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB Tri Budiprayitno, menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk pembinaan dan mentoring ke kabupaten/kota serta ke perpustakaan desa agar pelaksanaan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dapat terlaksana dengan maksimal. Apalagi, kunjungan ke Yayasan Literasi Lumbung Lombok dan Perpustakaan Desa Sengkerang yang merupakan pilot project pengembangan perpustakaan komunitas dan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di NTB.

Pada kesempatan ini,tambahnya, pihaknya menyumbangkan buku untuk menambah khazanah buku di Perpustakaan Desa Sengkerang sejumlah 9 eksemplar dengan judul Hepatika dan Geliat Industri Kesehatan di NTB, Cara NTB Dongkrak IKM dan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 dan  Seni Berpikir Ala Bang Zul, masing-masing 3 eksemplar.

Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja NTB ini, mengingatkan, revitalisasi pengembangan perpustakaan umum berbasis inklusi sosial merupakan sebuah inovasi, terutama untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berkelanjutan dengan memanfaatkan layanan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Begitu juga, peran pemangku kepentingan di tingkat provinsi, serta komitmen dari pimpinan daerah sangat penting dalam mendorong keberhasilan program prioritas nasional ini, hingga ke tingkat kabupaten dan desa. Termasuk peranan Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan.

Tugas dari Tim Sinergi Provinsi ini, ujarnya, diharapkan bisa mendukung pelaksanaan program ini dengan memfasilitasi kebutuhan pelaksanaan revitalisasi pengembangan perpustakaan umum berbasis inklusi sosial di Provinsi NTB, mulai dari tingkat kabupaten hingga desa secara berkelanjutan. Dukungan juga bisa diberikan baik dalam bentuk kebijakan pemerintahan, anggaran, serta membangun jejaring antar lembaga pemerintahan, perguruan tinggi, sektor swasta maupun media massa. (ham)