SMAN 5 Mataram Pastikan Jajanan Sehat dan Bergizi di Kantin Sekolah

0
Kepala SMAN 5 Mataram Siti Nurhani (kedua dari kanan) menunjukkan piagam penghargaan dari BBPOM. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – SMAN 5 Mataram (Smala) meraih piagam penghargaan sebagai sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) aman terbaik tahun 2022 tingkat Provinsi NTB yang diadakan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Mataram.

Kepala SMAN 5 Mataram Siti Nurhani menuturkan, melalui raihan ini SMAN 5 Mataram menyambung tangankan BPPOM di Mataram untuk mensosialisasikan gerakan PJAS. Nurhani berharap kantin sekolah dalam menyediakan PJAS dapat memenuhi standar, peningkatan perlindungan hak anak memperoleh pangan sekolah yang aman.

“Dan untuk memperoleh informasi keamanan pangan, serta adanya perubahan perilaku siswa, orang tua siswa, guru,” ujarnya.

Nurhani menegaskan dapat dipastikan kantin sekolah menyediakan PJAS aman, dengan sumber makanan yang benar-benar aman karena siswa selama di sekolah pasti akan jajanan dan dari rumah mereka masing-masing apabila mereka membawa bekal dari rumah. Oleh sebab itu kantin  sekolah sangat penting untuk menyediakan pangan jajanan yang aman,bergizi dan sehat.

Piagam penghargaan ini diadakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia bekerjasama dengan BBPOM di provinsi melakukan inovasi dengan memberikan penilaian terhadap upaya penjaja pangan dan jajajan kantin sekolah yang memberikan edukasi tentang keamanan pangan yang ada di lingkungan sekolah dari tingkat SD sampai SMA.

Edukasi keamanan pangan ini menjadi salah satu upaya agar masyarakat memahami dan menerapkan prilaku keamanan pangan secara konsisten.

Rapat Kerja

Selain itu, SMAN 5 Mataram juga mengadakan Penyusunan Program Pembelajaran dan Program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2022/2023, bertemakan Rencanakan, Kerjakan yang direncanakan, Tuhan akan Wujudkan. Kegiatan ini digelar selama dua hari di tempat yang berbeda, hari pertama digelar di Aula SMAN 5 Mataram, pada Kamis, 30 Juni 2022, dan hari kedua digelar di hotel Jayakarta Senggigi, Jumat, 1 Juli 2022.

Secara umum tujuan rapat kerja ini adalah menjadi sarana untuk membahas, merencanakan, dan mencari solusi persoalan-persoalan pokok tentang tugas, karyawan, pengelola sekolah secara bersama-sama dalam mewujudakan visi-misi dan tujuan sekolah sebagai bagian dari tugas mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan Nasiona.

“Lebih khususnya sebagai forum evaluasi dan membuat program kegaiatan yan berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi guru dan karyawan serta stakeholder sekolah. Sehubungan itu sangat diharapkan kualitas SMAN 5 Mataram meningkat secara komprehensif dan simultam,” ungkap Siti Nurhani.

Rapat kerja ini dihadiri oleh Kadis Dikbud NTB, Sekdis Dikbud NTB, Pembina Pengawas dan seluruh guru karyawan, dan stakeholder sekolah. (ron)