SD IT Yarla Batujai Siap Laksanakan Konsep Pendidikan Merdeka Belajar

0
Kegiatan belajar mengajar di SDIT Yarla Batujai, Kecamatan Praya Barat, Loteng. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Yayasan Al Qur’an Rahmatan Lil Alamin (Yarla) Batujai Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) tahun 2022 ini mulai menerima peserta didik baru. Sebagai sekolah yang baru beroperasi, sekolah ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan orang tua atau murid untuk mendapatkan pendidikan sesuai dengan kebutuhan, baik pendidikan umum dan juga agama.

 

Demikian disampaikan Ketua Yayasan Yarla Batujai Syamsul Bahri, M.M., pada Suara NTB, Kamis, 14 Juli 2022. Dalam memenuhi kebutuhan pendidikan yang terpadu, baik ilmu umum dan agama, ujarnya, pihaknya siap melaksanakan konsep pendidikan merdeka belajar yang merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Menurutnya, konsep merdeka belajar terdiri dari tiga komponen, yaitu komitmen terhadap tujuan, mandiri dalam menentukan pilihan cara belajar dan melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar. Untuk itu, pihaknya terus memberikan motivasi pada tenaga pendidik di SD IT Yarla agar bisa  mewujudkan generasi yang Qur’ani.

 

Selain itu, tambahnya, Pembina Yarla H. Adam, M.M., memberikan motivasi kepada peserta didik baru pada hari kedua Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Adanya motivasi ini setidaknya memberikan gambaran bagaimana keseriusan pihak yayasan memperhatikan kualitas pendidikan di sekolah yang baru beroperasi ini.

 

Khusus untuk agama, pihaknya mengharapkan murid-murid yang belajar mampu menjadi penghafal Al-Qur’an yang taat beribadah dan berakhlak yang baik. Termasuk menjadi anak-anak yang memiliki karakter yang jujur, cerdas, kritis, rendah hati, suka menolong, solutif, tangguh dan bertanggung jawab. (ham)