Lotim Bangun Rumah Sakit Tipe D di Suela

Selong (Suara NTB) – Pemkab Lombok Timur (Lotim) membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) baru tipe D Pratama di Suela. Pembangunan fasilitas kesehatan (fakses) di atas lahan seluas 2 hektar (ha) dengan dana Rp 64 miliar.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Lotim H. Hadi Fathurrahman, Kamis, 13 Juli 2022 mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim, gedung rumah sakit ini dua lantai. Dari total dana yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Rp 41 miliar untuk fisik dan Rp 23 miliar untuk alat kesehatan dan sarana prasarana lainnya.

Pembangunan rumah sakit ini diharapkan makin mendekatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan. Bertambahnya rumah sakit tipe D di Suela ini, maka akan menambah jumlah faskes di Lotim. Saat ini, sudah terdapat 35 puskesmas, 81 puskesmas pembantu, dan 239 poskesdes dan rumah sakit di Lotim saat ini sudah terdapat 7 unit.

Bupati Lotim, katanya, mengingatkan, pembangunan RSUD ini sebagai salah satu ikhtiar meningkatkan kualitas hidup masyarakat.  Khususnya, diharapkan dapat meningkatkan usia harapan hidup (UHH) Lombok Timur yang saat ini terendah di NTB. Semakin banyaknya fasilitas kesehatan, maka akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Upaya mendekatkan layanan kesehatan terus dilakukan Pemda. Jumlah RSUD di Lombok Timur terus bertambah seiring waktu. Pertama, Rumah Sakit Lombok Timur di Labuhan Haji pada 2019, Rumah Sakit Patuh Karya di Keruak pada 2021, dan tahun 2022 RSUD di Suela.

Dipilihnya Suela sebagai lokasi pembangunan karena agar masyarakat di sekitar Sembalun, Suela dan Pringgabaya itu bisa lebih dekat. Sebelumnya direncanakan pembangunan rumah sakit di Aikmel. Di mana, puskesmas plus yang ada di Aikmel dipersiapkan menjadi rumah sakit. Akan tetapi karena persyaratan jarak yang ditentukan Kementerian Kesehatan, maka syarat pembangunan di di Aikmel  tidak terpenuh. Dipilihlah kemudian Suela sebagai alternatif  dan disetujui pemerintah pusat.

Rumah Sakit Suela ini akan melayani masyarakat di wilayah Kecamatan Sembalun, Pringgabaya, Wanasaba, Suela, dan Aikmel. Rencana ke depan RSUD ini akan ditingkatkan lagi menjadi RSUD Pariwisata, mengingat posisinya yang strategis di daerah wisata. (rus)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...