Kasus Rabies di Sumbawa Terus Menurun

0
Suasana Rapat Evaluasi Dan Koordinasi Pengendalian Rabies di Kabupaten Sumbawa, Kamis, 14 Juli 2022.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Situasi rabies di Kabupaten Sumbawa saat ini jumlah korban gigitan mengalami penurunan. Pada tahun 2021 jumlah kasus gigitan mencapai 774 orang, tahun 2022 menurun menjadi 41 orang. Kasus meninggal dunia tahun 2021 sebanyak 10 orang, dan tahun ini tidak ada korban. Sedangkan jumlah hewan penular rabies yang menggigit juga telah mengalami penurunan, tahun 2021 sebanyak 666 ekor, turun menjadi 30 ekor pada tahun 2022.

Data tersebut disampaikan Bupati Sumbawa, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos.,M.Si., menghadiri Rapat Evaluasi Dan Koordinasi Pengendalian Rabies di Kabupaten Sumbawa, Kamis, 14 Juli 2022. Bersama Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Republik Indonesia, Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Sumbawa, Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan se-Pulau Sumbawa.

Dalam hal pengendalian rabies yang perlu diperhatikan adalah pengendalian populasi anjing liar secara manusiawi. Beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain, kebiri anjing, eliminasi HPR, yang dicurigai rabies. Serta dilakukan dengan aspek kesejahteraan hewan.

Dalam laporannya, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Republik Indonesia, Dr. H. Syamsul Ma’rif, M.Si menyampaikan dengan suksesnya Perhelatan Internasional MXGP Samota 2022 , pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang terkait. Atas kerja kerasnya dalam hal penanggulangan hewan rabies ini. Kemudian untuk tahun berikutnya dengan pertumbuhan hewan rabies yang begitu cepat sekali, akan dilakukan pelatihan khusus dalam hal mengurangi populasinya hewan tersebut. Sehingga perlu adanya dukungan bersama atau izin regulasi dengan perda-perda yang dikeluarkan dalam masalah ini. Selain itu, hasil laporan vaksinasi hewan rabies khususnya di Sumbawa sudah mencapai 96,75% dan memenuhi target. (arn)