Ummat Gelar Seminar Nasional, Optimalkan Luaran Penelitian dan Pengabdian Berbasis Inovasi Iptek

0
Pembukaan seminar nasional ke-1 LPPM Ummat. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Mataram (LPPM Ummat) menggelar Seminar Nasional ke-1 dengan tema Optimalisasi Luaran Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Inovasi Iptek pada Rabu, 13 Juli 2022 di Aula lantai 3 Gedung Rektorat Ummat. Kegiatan yang berlangsung secara luring dan daring melalui zoom meeting ini diikuti oleh para dosen dari lingkup Ummat hingga nasional.

Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan LPPM Ummat untuk memfasilitasi hasil karya para dosen dari berbagai institusi se-Indonesia baik melalui prosiding dan jurnal nasional terakreditasi.

Hal ini dipertegas oleh Ketua Panitia Semnas Dr. Ilham, M.Pd., pada acara pembukaan. “Pada Semnas Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat terdaftar 156 artikel yang akan dipublikasikan di prosiding dan jurnal nasional terakreditasi di internal Ummat, yang berasal dari 43 institusi dan perguruan tinggi dari 15 provinsi di Indonesia,” ujarnya.

Dalam sambutan Rektor Ummat yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. Syafril, S.Pd., M.Pd., Seminar Nasional ini sebagai sebuah atmosfer akademik yang harus terus diciptakan di lembaga pendidikan sebagai bagian penting dari dinamika perguruan tinggi.

“Sesuai dengam tema semnas tahun ini menjadi hal yang sangat urgent bagi setiap dosen karena tugas dosen tidak hanya sebatas mengajar tetapi juga melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, karena indikator dari kemajuan perguruan tinggi bukan hanya sebatas penelitian biasa tetapi bagaimana penilitian itu menghasilkan output yang berguna bagi masyarakat,” ujarnya.

Para peserta Seminar Nasional dibekali juga dengan materi-materi dari pembicara yang ahli di bidangnya yaitu Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc (Mantan Dirjen Penguatan dan Pengembangan Kemenristekdikti 2015-2019), dan Dr. Ibrahim, M.Sc (Ketua LPPM UMMAT). (ron)