Tak Kunjung Ditangani, Rumah Warga Terdampak Angin Puting Beliung di Rumak

0
Kades Rumak Mukarram saat turun mengecek kondisi rumah warganya yang terdampak angin puting beliung bulan lalu. Hingga kini, penanganan rumah yang rusak ini belum dilakukan. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Rumah warga yang terdampak bencana angin puting beliung di Desa Rumak Kecamatan Kediri Lombok Barat (Lobar) hingga saat ini belum ditangani. Warga pun mempertanyakan kapan rumah mereka diperbaiki. Mereka mendesak agar penanganan segera dilakukan Pemda, lantaran sebagian warga tinggal di rumah dengan menggunakan atap terpal. Sementara kondisi saat ini kerap terjadi hujan.

Kepala Desa Rumak Mukarram mengatakan hingga saat ini bantuan penanganan rumah bagi warganya yang  terdampak bencana angin puting beliung belum juga ada kepastian. Padahal sudah hampir sebulan lebih, bencana puting beliung melanda delapan rumah warganya.

“Sampai saat ini untuk bantuan penanganan rumah warga terkena angin puting beliung belum ada, Kami sudah layangkan surat ke BPBD. Bahkan kami sudah susul, cuma kami diminta menunggu,” katanya, Rabu, 13 Juli 2022.

Sejauh ini pihaknya sudah bersurat ke BPBD untuk meminta bantuan penanganan rumah warga. Bahkan dirinya mempertanyakan langsung, namun diminta menunggu anggaran. Bahkan jawaban yang paling miris, kalau tidak bisa ditangani tahun ini diminta bersabar menunggu tahun depan. “Itu yang berat sekali. Bagaimana jadinya warga kalau tahun depan,” tanyanya. Padahal, perbaikan rumah warga sangat mendesak ditangani, karena kondisi hujan.

Sejauh ini, dari delapan rumah warga yang rusak, sebagian warga sudah memperbaiki seadanya secara swadaya. Sebagian lagi terpaksa tinggal di rumah yang rusak menggunakan atap terpal. Diperkirakan, satu rumah butuh penanganan dengan kisaran Rp5-15 juta.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lobar Hartono Ahmad terkait penanganan rumah warga ini pihaknya sudah mengusulkan anggarannya. “Kita sudah hitung kebutuhan anggaran yang kami usulkan,” ujarnya.

Anggaran yang diusulkan untuk penanganan rumah warga ini, termasuk yang terdampak di kecamatan lain, baik di Gerung dan Labuapi. (her)