Seleksi Anggota Bawaslu NTB, 25 Orang Gugur di Penelitian Berkas Administrasi

0
Lima anggota Timsel calon anggota Bawaslu Provinsi NTB mengumumkan nama-nama yang dinyatakan lolos penelitian berkas administrasi. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Tim Seleksi (Timsel) anggota Bawaslu Provinsi NTB mengumumkan nama-nama calon yang dinyatakan lolos penelitian berkas administrasi. Dari total 110 orang pendaftar, hanya 85 orang yang dinyatakan lulus, dan 25 orang dinyatakan gugur pada seleksi tahap pertama tersebut.

Adapun alasan Timsel mendiskualifikasi 25 orang tersebut, salah satunya belum mencukupi batas minimal usia pendaftaran (tidak sah/tidak memenuhi syarat) serta kekurangan berkas pendaftaran (tidak lengkap). Ketua Timsel, Prof. Mahyuni menjelaskan bahwa pihaknya melakukan proses penelitian berkas semua calon dengan objektif dan penuh integritas. Sehingga hasil keputusan Timsel pada tahapan penelitian berkas tersebut murni berdasarkan aturan.

“Kami ini akademisi, pegiat pemilu, ndak usah ragukan. Kita tidak ada kepentingan untuk tidak independen, kita akan memilih yang terbaik untuk suksesnya penyelenggaraan pemilu. Insya Allah lurus tim ini,” kata Prof Mahyuni pada Rabu, 13 Juli 2022. Guru Besar dari Universitas Mataram itu mengungkapnya Timsel dalam melaksanakan tugasnya memiliki tanggung jawab moral menghasilkan putra-putri terbaik dengan tujuan mewujudkan pemilu yang berintegritas, jujur dan adil.

“Menyangkut loyalitas, dedikasi, kita kan ingin menyelenggarakan pemilu dengan happy dan sukses. Ketika ada nilai-nilai kemanusiaan tercederai, itu menjadi pertimbangan. Kita akan jamin mereka yang terpilih adalah mereka yang terbaik,” tegasnya. Selain itu, Mahyuni juga mengatakan bahwa Timsel akan terbuka terhadap setiap kritikan dan masukan yang diberikan masyarakat terhadap semua tahapan perekrutan anggota Bawaslu NTB tersebut.

Di tempat yang sama, anggota timsel Bawaslu NTB, Arifin Zaenal mengatakan anggota Bawaslu NTB yang terpilih nantinya punya tanggung jawab yang cukup besar. Sebab akan menyelenggarakan pemilu secara serentak yang jadwalnya berdekatan, yakni pemilu dan pilkada 2024. “Jadi memang kita terus terang memilih selain berintegritas, tetapi juga punya etos kerja, rekam jejak yang bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Pihaknya berkewajiban untuk menyeleksi calon anggota Bawaslu Provinsi NTB sampai enam besar. Kemudian setelah itu akan diserahkan Bawaslu RI untuk memilih dan menetapkan tiga anggota Bawaslu definitif.

Lebih lanjut disampaikan, nama-nama yang telah dinyatakan lulus penelitian berkas administrasi tersebut selanjutnya nanti akan mengikuti Tes Tertulis pada tanggal 18 Juli. Kemudian selanjutnya Tes Psikologi akan diselenggarakan tanggal 19-20 Juli.

Arifin Zaenal kemudian menyampaikan Masyarakat dapat memberikan tanggapan dan masukan terhadap bakal Calon Anggota Bawaslu Provinsi yang ditujukan kepada Tim Seleksi Bawaslu Provinsi NTB dengan identitas lengkap (Identitas pelapor akan dirahasiakan) ke Sekretariat Timsel Bawaslu Provinsi NTB, Crystal Hotel Jalan Bung Karno Nomor 28 Mataram Timur. (ndi)