Berikan Hak Anak

ANAK merupakan aset generasi bangsa yang mesti mendapat perhatian serius oleh semua pihak. Baik oleh pemerintah, lembaga pendidikan, masyarakat hingga keluarga. Hingga nanti pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 bisa menggugah kesadaran semua pihak untuk memberikan anak-anak haknya masing-masing.

‘’Seperti hak anak untuk dilindungi, hak anak-anak kita untuk dikasihi, disayangi, diberikan pendidikan cukup. Itu yang paling utama yang harus kita ketahui,’’ ungkap Wakil Gubernur (Wagub) NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd.,  pada wartawan usai pelepasliaran tukik di Pantai Mapak Indah, Kota Mataram, Rabu, 13 Juli 2022.

Untuk itu, tambahnya, dalam memperhatikan dan memenuhi hak-hak anak ini, Pemprov NTB memiliki program, yakni revitalisasi posyandu. Di posyandu ini edukasi tentang pemberian hak anak bisa masuk dalam kegiatan tingkat dusun atau lingkungan tersebut.

‘’Posyandu itu kan kegiatan yang dilakukan di setiap dusun. Jadi bisa dilakukan edukasi selain lewat sekolah kita juga dari TK sampai dengan SMA harus ada edukasi. Edukasi tentang anak-anak kita mendapatkan haknya, orang tua juga bisa mengetahui apa yang seharusnya diberikan pada anak-anaknya,’’ tambahnya.

Wagub juga mengingatkan, jika kasus kekerasan pada anak menjadi introspeksi bagi masyarakat dan juga pemerintah. Kasus yang terjadi ini setidaknya menjadi bahan evaluasi, terutama dalam pelaksanaan program, sehingga kasus-kasus kekerasan anak menjadi lebih terbuka. Dalam hal ini, masyarakat yang menjadi korban berani melapor terhadap kekerasan yang menimpanya atau tidak.

‘’Semakin berani melapor semakin bagus. Jadi kalaupun misalnya banyak kasus kita harus lihat itu dari sisi positif juga, karena sekarang orang sudah berani bicara. Selain juga kita harus betul-betul berbenah supaya semakin baik. Jadi perlu gerakan semua pihak, provinsi dan kabupaten sampai dengan desa dan seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat harus bergerak,’’ ujarnya mengingatkan. (ham)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...