11 Perempuan Asal NTB Digagalkan Berangkat ke Arab Saudi Secara Ilegal

0
UPT BP2MI NTB berkoordinasi dengan UPT BP2MI Jawa Timur, menggalkan keberangkatan 11 perempuan asal NTB yang rencananya akan bekerja di Arab Saudi.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – 11 warga NTB yang dijanjikan kerja ke Luar negeri secara tidak prosedural l ke Saudi Arabia berhasil dicegah oleh UPT. BP2MI Provinsi Jawa Timur pada hari Selasa , 12 Juli 2022. UPT BP2MI Provinsi NTB menerima pengaduan dari keluarga (suami) salah satu calon TKW tersebut yang melaporkan istrinya dijanjikan bekerja sebagai penatalaksana rumah tangga ( asisten rumah tangga) ke Saudi Arabia, dan ditampung di Surabaya.

Menindaklanjuti pengaduan tersebut, UPT BP2MI NTB berkoordinasi dengan UPT BP2MI Jawa Timur. “Dari hasil informasi yang kami dapat terkait lokasi penampungannya, UPT BP2MI Jatim bersama tim Polda Jatim melakukan penelurusan lokasi tersebut untuk memastikan kebenaran informasi tersebut,” kata Kepala BP2MI NTB, Abri Danar Prabawa.

Rumah yang diduga sebagai tempat penampungan tersebut ditemukan, dan berhasil diselamatkan 11 calon TKW, semuanya perempuan yngg diduga akan ditempatkan ke Timur Tengah tanpa proses yang resmi dari pemerintah. Setelah itu UPT BP2MI Jatim bersama pihak Kepolisian Jatim melakukan pengambilan keterangan terhadap 11 calon TKW tersebut.

Dari hasil keterangan awal, seluruhnya 11 calon TKW tersebut  berasal dari Kabupaten Lombok Tengah : 7 orang. Kabupaten Lombok Timur : 1 orang . Kabupaten Lombok Barat  2 orang dan Kota Mataram : 1 orang. Abri menambahkan, saat ini masih dalam proses pemeriksaan lanjut dan setelah cukup keterangannya, mereka akan dipulangkan ke daerah asal.

Dalam dua bulan terakhir, sudah ada tiga penggagalan keberangkatan calon TKW perempuan asal NTB. Dari serangkaian penggagalan ini, menurutnya harus dijadikan perhatian bersama untuk melakukan pencegahan keberangkatan TKI secara non prosedural. Penindakan terhadap calo/tekong  dan pembinaan optimal terhadap CPMI agar diarahkan  bekerja ke luar negeri secara prosedural dan berketerampilan. (bul)