Harkop Ke-75, Ekonomi Kapitalis Jadi Tantangan Koperasi

Mataram (Suara NTB) – Setiap tanggal 12 Juli adalah peringatan Hari Koperasi (Harkop). Tahun 2022 ini adalah peringatan yang ke – 75. Tantangan koperasi di usianya ke 7,5 dasawarsa ini tidak sederhana. Karena yang dihadapi adalah ekonomi kapitalis. Sistem ekonomi kapitalis seperti yang diketahui bersama adalah sistem yang memberikan kebebasan penuh pada semua orang (individu) untuk melakukan kegiatan ekonomi untuk memperoleh keuntungan. Setiap individu memiliki hak penuh untuk mengambil manfaat atas harta atau kekayaannya sebagai alat produksi dan berusaha.

Dalam sistem ekonomi kapitalis, aset modal—seperti pabrik, tambang, dan jalur distribusi, dapat dimiliki dan dikendalikan secara pribadi, tenaga kerja dibeli dengan upah uang, keuntungan modal diperoleh pemilik swasta, dan harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran.

“Sistem kapitalis inilah yang menjadi tantangan besar koperasi. Semua kegiatan ekonomi bisa diatur sendiri. Disatu sisi, perhatian pemerintah terhadap koperasi semakin tidak jelas,” kata Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi NTB, Bambang Parmadi, Selasa, 12 Juli 2022.

Persoalan lain yang dihadapi koperasi adalah minimnya regenerasi koperasi. Sebagian besar koperasi didominasi oleh pengurus-pengurus yang relatif tidak dekat dengan teknologi. Sehingga, koperasi kalah saing dengan lembaga-lembaga lain yang sudah sangat beradaptasi dengan teknologi, dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Kendati demikian, anggota komunitas Tangan Diatas (TDA) ini masih meyakini, koperasi masih memiliki ruang besar menjadi tulang punggung perekonomian. Di NTB sendiri, kata Bambang, masih banyak dijumpai koperasi koperasi yang eksis dan cukup berperan dalam perekonomian.

Misalnya koperasi Baitul Maal wat Tamwil atau padanan kata dari Balai-usaha Mandiri Terpadu yang punya jaringan hampir di seluruh kabupaten/kota di NTB. ada juga koperasi pekerja migrant di Lombok Timur yang memberdayakan keluarga-keluarga mantan TKI. Ada juga koperasi nelayan di Wera, Bima, koperasi yang diawaki oleh generasi-generasi millennial.

“Cuma tidak terekspose koperasi-koperasi ini,” katanya. Dekopinwil menurut Bambang terus bergerak di bawah. Mendampingi koperasi agar terus berperan dalam pembangunan NTB Gemilang. Pembenahan manajemen koperasi harus dilakukan secara massif. Demikian juga digitalisasi. “Dan yang tak kalah penting adalah penguatan jati diri dan nilai-nilai koperasi, ini tidak boleh kendor dalam gerakan koperasi,” katanya.

“Bahwa koperasi khususnya di NTB juga tidak jelas arahnya, ini memang tantangannya,” imbuhnya. Pada peringatan Harkopnas ke-75 tahun 2022 ini, puncak peringatannya dilaksanakan di Bali, tanggal 13-15 Juli 2022. Di Provinsi NTB, puncak peringatan hari koperasi dilaksanakan hingga 31 Juli 2022 ini.

Salah satu rangkaiannya adalah jalan sehat gerakan koperasi di Mataram. Diikuti 2.500 gerakan koperasi. Kemudian sarasehan  gerakan koperasi di NTB, tanggal 30 Juli 2022 di Gedung Sangkareang Kantor Gubernuran, pesertanya lebih dari 100 orang gerakan koperasi. Tema yang diangkat adalah Penguatan Lembaga, Bisnis dan Peran Koperasi Dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi Masyarakat NTB Gemilang. (bul)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Berdayakan 11 Ribu Klaster Usaha, BRI Perkuat Komitmen Bawa UMKM Naik...

0
Jakarta (suarantb.com) – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara konsisten mendorong pelaku UMKM meningkatkan skala bisnisnya. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan yang ke-77 Republik...

Latest Posts

Berdayakan 11 Ribu Klaster Usaha, BRI Perkuat Komitmen Bawa UMKM Naik Kelas

Jakarta (suarantb.com) – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk...

Bang Zul Apresiasi Masjid Sederhana di Desa Wakan

Mataram (Suara NTB) – Menyapa langsung masyarakat Nusa Tenggara...

Lagu Sasak Masuk Kompilasi Video Musik Wonderland Indonesia 2

Mataram (Suara NTB) - Lagu Sasak “Lalo Ngaro” dari...

1.856 Rumah di Kota Bima Masih Kumuh

Kota Bima (Suara NTB) - Dinas Pekerjaan Umum dan...

Bupati Lobar Promosikan Wisata Olahraga Bersepeda di Senggigi

Giri Menang (Suara NTB) - Keindahan alam dan pantai...