Dua Perusahaan Sekuritas akan Ekspansi ke NTB

0
Ngurah Sandiana. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Dua perusahaan sekuritas akan membuka cabang di Provinsi NTB. Saat ini seluruh syarat tengan dirampungkan. Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) NTB, Gusti Bagus Ngurah Putra Sandiana tidak menyebut kedua perusahaan tersebut. “Masih cari SDMnya juga. Ini bisa jadi kesempatan buat SDM lokal,” katanya ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 12 Juli 2022.

Ngurah mengatakan, dua perusahaan sekuritas yang akan masuk ini, tentu menambah jumlah perusahaan sekuritas yang sudah membuka cabang di NTB. sudah ada enam perusahaan sekuritas yang berkantor cabang di NTB.  Diantaranya, Sucor Sekuritas, Phillip Sekuritas, Phintraco Sekuritas, MNC Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas, Sinarmas Asset Manajemen.

Ngurah menambahkan, kehadiran dua perusahaan sekuritas baru ini, nantinya akan memperluas channel pasar modal di provinsi ini. Dari sisi pelakunya, pasar modal sendiri merupakan salah satu instrument investasi yang layak dijadikan pilihan. Selain karena pengawasannya dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pasar modal juga menjanjikan keuntungan bisnis yang kompetitif. Baik untuk produk saham, obligasi, reksadana.

Sejak masuk ke NTB, pelaku investasi di pasar modal berkembang cukup signifikan. Terutama untuk produk saham. Nilai transaksi dari pelaku pasar modal di daerah ini juga cukup besar. Mencapai Rp1,7 triliun sepanjang 2022 atau sepanjang Januari hingga April.

Edukasi pasar modal terus digencarkan di Provinsi NTB. baik secara daring, maupun secara langsung. BEI NTB juga sudah mengembangkan jaringan dengan membuka sebanyak 18 galeri pasar modal yang tersebar di sejumlah sekolah, dan perguruan tinggi di NTB.

Ngurah mengatakan, saat tengah proses pengembangan sembilan jaringan galeri pasar modal baru. Diantaranya di Lombok Tengah SMA 1 Praya, SMA 2 Praya, SMA 1 Praya Tengah, SMA 1 Praya Barat, dan SMA 2 Jonggat. Di Lombok Timur ada SMA 1 Terara. Sementara di Sumbawa, ada SMA 1 Lape, SMA 1 Utan, dan SMA 1 Moyo Utara. Dengan banyakanya jaringan galeri pasar modal ini, distribusi channel tidak terpusat hanya di Kota Mataram.

Galeri pasar modal melayani informasi seputar produk pasar modal, sekaligus melayani buka rekening saham, dan produk-produk pasar modal lainnya. (bul)