Dua Mahasiswa Unram Sabet Juara di Ajang Duta GenRe NTB 2022

Mataram (Suara NTB) – Mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram), Ana Octarina, dan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unram, Julang Sulystio Wibowo,  berhasil menyabet juara di Ajang Pemilihan Duta GenRe Nusa Tenggara Barat tahun 2022 yang diadakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) NTB di Hotel Grand Legi pada tanggal 23 – 26 Juni 2022.

Dari 255 pendaftar ajang Apresiasi Duta dan Ajang Kreativitas Generasi Berencana (Adujak Genre), sebanyak 150 orang dinyatakan lolos pemberkasan dan lanjut ke tahap audisi. Hasil seleksi audisi mencatat sebanyak 20 Besar Duta genre NTB dengan pembagian 10 putra dan 10 putri dari 10 kabupaten/kota se-NTB.

Selain duta, terdapat perwakilan Jambore Ajang Kreativitas dari masing-masing perwakilan kabupaten/kota se-NTB dan didampingi oleh 1 orang perwakilan Forum GenRe kabupaten/kota. Pemilihan Adujak GenRe tahun ini berlangsung meriah di Kenangan Grand Ballroom, Grand Legi Mataram.

Ana Octarina, peraih juara 1 Putri Adujak GenRe tahun 2022 menyebutkan motivasinya mengikuti ajang ini agar dapat berkontribusi dan menyebarkan kebermanfaatan bagi orang-orang di sekitarnya, secara khusus para remaja terkait persiapan masa depan yang baik dengan memaksimalkan usia remaja.

Gadis kelahiran Penedagandor, Kabupaten Lombok Timur itu berharap agar para remaja lebih peka dan sadar akan pentingnya masa depan mereka. Terutama dengan melakukan hal-hal positif, produktif, berguna, dan menjauhi hal-hal yang dapat menghambat cita-cita mereka.

Sebagai mahasiswi yang masih mengenyam pendidikan di semester 5 Prodi Pendidikan Kimia, Ana menjelaskan kiat-kiatnya dalam membagi waktu antara pendidikan dan organisasi.

“Dalam hal membagi waktu, saya selalu menggunakan skala prioritas dan penyesuaian situasi dan kondisi. Jadi ketika harus kuliah, saya akan fokus kuliah sehingga alhamdulillah IPK saya aman. Tetapi hal itu tidak lantas membuat mata saya tertutup membuka peluang berorganisasi dan berprestasi, karena kebetulan saya juga ketua umum di PIK M Cerah Unram. Di sana ada tanggung jawab yang sedang saya emban, sehingga saya sebisa mungkin akan menunaikannya dengan baik. Sehingga saya juga bisa merasakan pengalaman berorganisasi dan berprestasi di luar akademik,” terangnya.

Selain Ana Octarina, Julang Sulystiom Wibowo meraih gelar/predikat Duta GenRe Inovator NTB 2022. Julang sapaan akrabnya, menjelaskan harapannya agar ke depan para remaja, termasuk mahasiswa Unram menjadi generasi yang berencana, mulai dari pendidikan, karir, serta pernikahan yang terencana dengan baik bahkan sampai perencanaan dalam kehidupan berkeluarga. Ia juga berharap para remaja lebih menata masa depan dengan hidup lebih produkif dan positif.

Mahasiswa angkatan 2020 Prodi Ilmu Komunikasi tersebut menegaskan persiapan yang ia lakukan sebelum mengikuti pemilihan duta GenRe. Ia sudah menyiapkan niat dan keyakinan untuk terlibat dalam GenRe. Selain itu ia juga mempersiapkan bekal berupa materi seputar GenRe seperti materi bangga kencana, kesehatan reproduksi, dan lain sebagainya sebagai bekal awal. Melihat tingginya isu permasalahan remaja saat ini seperti pernikahan usia anak, seks pranikah serta penggunaan napza, dirinya termotivasi untuk turut serta mengatasi permasalahan tersebut.

“Saya ingin menjadi remaja yang memberikan kontribusi positif terhadap remaja lainnya seperti slogan “Dari Remaja oleh Remaja dan untuk Remaja”. Itulah mengapa saya mengikuti pemilihan duta GenRe. Di GenRe kita diwadahi untuk kemudian mengedukasi remaja Indonesia agar menjadi generasi yang berencana. Terutama dalam menjauhi Triad GenRe (Stop pernikahan usia anak, seks bebas dan napza),” ujar remaja kelahiran Pemenang tersebut.

Ana dan Julang mengungkapkan bahwa orang tua merekalah yang berjasa dalam keberhasilan yang mereka raih saat ini. Selain itu, mereka juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas dukungan dan doa dari teman-teman Forum GenRe, sehingga berhasil di ajang Adujak NTB tahun 2022. (ron/*)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...