Anggaran Perbaikan Jalan di Loteng Tembus Rp253 Miliar

0
Ruas jalan Tanak Awu-Pengembur menjadi salah satu ruas jalan yang diperbaikan tahun ini. Pemkab Loteng telah mengalokasikan anggaran hingga Rp253 miliar untuk perbaikan jalan dan jembatan pada tahun ini. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Pemkab Lombok Tengah (Loteng) tahun ini mengalokasikan anggaran perbaikan jalan dan satu jembatan mencapai Rp253 miliar lebih. Alokasi anggaran tersebut tercatat merupakan rekor tertinggi yang pernah dialokasikan Pemkab Loteng dalam satu tahun anggaran.

Bupati Loteng, H. Lalu Pathul Bahri, S.IP., saat berbicara pada peringatan Hari Koperasi di kantor Bupati Loteng, Selasa, 12 Juli 2022 mengatakan, besaran anggaran tersebut merupakan rekor bagi Pemkab Loteng. Hal itu menunjukkan begitu besar perhatian pemerintah daerah terhadap persoalan jalan kabupaten di daerah ini.

Dikatakan, keberadaan infrastruktur jalan yang memadai merupakan salah satu faktor pendukung utama bagi pergerakan ekonomi di daerah ini. Dengan kata lain, ekonomi akan bisa bergerak lebih cepat jika ditunjang dengan ketersedian sarana dan prasarana penujang, khususnya jalan. Kondisi jalan yang mantap menjadi salah satu aspek yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Anggaran perbaikan jalan kabupaten di Loteng tahun ini berasal dari dua sumber. Pertama dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat serta yang terbesar dari dana pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang mencapai Rp200 miliar.

Dari dana yang dialokasikan tersebut, Pemkab Loteng menargetkan bisa menuntaskan perbaikan ruas jalan kabupaten sepanjang hampir 80 km. Ditambah satu jembatan yakni jembatan Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara. Dengan begitu prosentase kondisi jalan mantap di Loteng paling tidak bisa naik sekitar 10 persen dari kondisi jalan mantap saat yang sudah mencapai 760 km lebih.

“Jalan itu penting dalam upaya memacu pergerakan dan pertumbuhan ekonomi. Jadi tidak keliru kalau pemeritah daerah mengalokasikan anggaran yang besar untuk peningkatan kualitas jalan di daerah ini,” imbuhnya. (kir)