Konsep Event ’’Sport Tourism’’

0
H. Mori Hanafi (Suara NTB/dok)

PROVINSI NTB semakin melekat dengan event sport tourism atau wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga.  Sebelum tutup tahun, ada sejumlah kegiatan olahraga yang akan maupun yang berpotensi digelar di NTB guna meningkatkan promosi dan angka kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Ketua KONI Provinsi NTB H. Mori Hanafi mengatakan, event sport tourism peminatnya cukup banyak. Meskipun saat ini harga tiket pesawat tergolong cukup tinggi, namun para peminat wisata minat khusus ini relatif tak terpengaruh dengan kondisi tersebut.

“NTB kita ingin kembangkan sebagai sport tourism. Namun memang kita perlu kita konsepkan kembali terhadap olahraga apa yang akan dilaksanakan kedepannya,” ujar Mori Hanafi kepada Suara NTB Senin, 11 Juli 2022.

Ia mengatakan, ada beberapa rencana dan peluang olahraga wisata yang akan digelar di NTB sebelum tutup tahun. Misalnya di Bulan Oktober mendatang akan digelar olahraga Triathlon yang akan digelar oleh Ironman selaku penyelenggara triathlon terbaik di dunia.

“Event ini untuk medan kita di Lombok sangat cocok seperti ini. Ini yang kita akan terus kembangkan,” ujarnya.

Event Ironman 70.3 Lombok akan berlansung tanggal 8 Oktober 2022 dengan kombinasi olahraga meliputi renang, sepeda dan lari. Peminat olahraga ini sangat banyak, baik secara nasional maupun mancanegara, sehingga hal ini menjadi atensi KONI NTB.

KONI NTB juga berniat akan mengadakan volly pasir di kawasan Mandalika serta beberapa olahraga lainnya yang cukup kental dengan nuansa wisata. Volly pasir sangat perlu untuk digelar di Lombok karena olahraga jenis ini lebih mengarah ke event wisata.

“Banyak fun di sana, tourism-nya sangat kental. Inilah yang akan kita kembangkan. Insya Allah setelah proses bidding PON selesai, kami akan bertemu dengan teman-teman di ITDC untuk rencana kegiatan ini,” ujarnya.

Selain volly pantai, event olahraga sepeda juga berpotensi akan digelar dalam waktu dekat. Sepeda menurutnya sangat cocok digelar di NTB karena secara geografis, Lombok maupun Sumbawa sangat mendukung. Ditambah dengan alamnya yang memesona membuat olahraga ini perlu digelar secara rutin di sini.

“Kita memiliki geografis yang bagus, ada naiknya, turunnya, ada datarnya. Ini yang akan kita kembangkan. Ini unsur fun-nya banyak,” ujarnya.

Event lain yang tak kalah menarik yaitu olahraga gantole atau olahraga udara dengan pesawat layang ringan tanpa motor. Gantole yang mirip paralayang ini akan digelar kejuaraannya di Lombok Tengah akhir bulan ini. Event ini sangat menarik karena variasinya banyak, bisa singel bisa juga tandem.

“Kalau paralayang itu benar – benar fun. Kalau gantole itu unsur sportnya ada, karena ada olahraga prestasi yang dipertandingkan. Kita punya spot yang bagus di Pantai Lancing Lombok Tengah. Itu yang akan kita jual nanti,” kata Wakil Ketua DPRD NTB ini.(ris)