Dukung Pemilu Berbasis Digital, KPU Provinsi NTB Jajaki Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi

0
Kabag Teknis dan Parhumas KPU Provinsi NTB, Made Merta Artha didampingi  Kasubag Parhumas, Alesta Rezal membahas peluang kerja dengan Unram dan Universitas Bumi Gora. (Suara NTB/ist).

Mataram (Suara NTB) – KPU Provinsi NTB terus menjajaki potensi peluang kerja sama dengan stakeholder terkait untuk ikut terlibat berpartisipasi dan mendukung sukseskan perhelatan pemilu 2024. Salah satunya dengan elemen Perguruan Tinggi yang ada di NTB.

KPU NTB sudah menjajaki peluang kerja sama teknologi Informasi dengan dua institusi perguruan tinggi yang ada di NTB yang memiliki Fakultas atau Jurusan Teknologi informasi yakni Universitas Mataram dan Universitas Bumi Gora.

Kepala Bagian Teknis dan Partisipasi Hubungan Masyarakat KPU Provinsi NTB, Made Merta Artha menyampaikan bahwa pihaknya menjajaki peluang kerja sama dengan dua perguruan tinggi tersebut dengan harapan dapat ikut mendukung KPU menyukseskan pelaksanaan pemilu 2024, khususnya di bidang Teknologi Informasi.

“Dalam kunjungannya KPU NTB ke dua kampus itu untuk menjajaki kerja sama, karena hampir seluruh penerapan kerja Pemilu dan Pemilihan di KPU Provinsi maupun di KPU kabupaten/kota menggunakan teknologi informasi komputer,” jelas Made.

Lanjut Made, sinergi antar Kampus dengan KPU ini diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa yang dapat merasakan dunia kerja serta melalui skill mahasiswa dapat menciptakan kreasi inovasi guna menyukseskan tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024.

Sementara itu kedua pihak Perguruan Tinggi yang diwakili Sekretaris Rektor Universitas Mataram, Sitti Hilyana dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Bumi Gora Ahmad Adil menyambut baik usulan kerja sama dari KPU Provinsi NTB tersebut.

“Karena kampus sendiri diwajibkan juga untuk melaksanakan Kampus Merdeka Belajar di institusi Pemerintah maupun dunia industri,” papar Sitti Hilyana. Karena itu baik Unram dan Universitas Bumi Gora berharap pertemuan ini dapat dilanjutkan ke tahap yang lebih serius lagi dengan pimpinan institusi masing-masing.

Diketahui KPU sendiri telah merancang tekhnis pelaksanaan pemilu 2024 akan berbasis digital dengan tujuan untuk penyederhanaan beban administrasi kepemiluan yang dinilai cukup besar.

Perangkat teknologi digital untuk mengurangi beban kerja dalam setiap tahapan pemilu tersebut tengah dimatangkan KPU. Beberapa jenis aplikasi digital yang sudah dirancang KPU diantaranya, Sipol (Sistem Informasi Partai Politik), Sidalih (Sistem Pendataan Pemilih) dan Sirekap (Sistem Rekapitulasi). Kemudian Sidapil (Sistem Informasi Dapil) dan Silon (Sistem Informasi Pencalonan). (ndi)