Awal Agustus, Jemaah Haji Mataram Tiba di Lombok

0
H. Muhammad Amin. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Calon Jemaah haji (CJH) kloter pertama asal Kota Mataram sedang menyelesaikan rukun dan syarat haji di Tanah Suci Mekkah. Usai melaksanakan ibadah haji, para jemaah dijadwalkan tiba di Lombok pada 1 Agustus.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, H. Muhammad Amin menyampaikan, jemaah haji kloter pertama asal Kota Mataram akan diberangkatkan dari Bandara King Abdul Azis, Jeddah pada 31 Juli 2022 pukul 07.00 waktu Arab Saudi. Dan, akan tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok Tengah pada 1 Agustus pada pukul 01.00 Wita dini hari. Pemerintah akan melakukan proses penyambutan terhadap jemaah yang telah menyelesaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah. “Nanti ada proses penyambutan atau penerimaa di asrama haji,” kata Amin ditemui, Senin, 11 Juli 2022.

Amin menyampaikan, kondisi jemaah haji rata-rata sehat. Walaupun ada satu orang jemaah disafari wukuf karena sakit. Safari wukuf menjadi tanggungjawab Pemerintah Arab Saudi. Jemaah diantar ke Arafah dan kembali lagi ke tenda. Sedangkan, melontar jumrah dibadalkan oleh keluarganya.

Sementara itu, satu jemaah harus menjalani perawatan kesehatan karena mengalami sesak. Petugas kesehatan haji di Mekkah menjemput untuk dilakukan perawatan. “Kemungkinan karena debu sehingga mengalami sesak,” ujarnya.

Secara keseluruhan kuota jemaah calon haji Kota Mataram sejumlah 401 orang. Namun, yang bisa diberangkatkan hanya 394 orang. Sedangkan, 16 orang gagal berangkat dikarenakan tiga orang meninggal dunia dan 13 orang jemaah menunda pemberangkatan di tahun 2023, karena pertimbangan ingin berangkat bersama suami dan anaknya. Proses pemberangkatkan ibadah haji Kota Mataram terbagi menjadi dua kloter.

Sebanyak 389 jemaah masuk kloter pertama embarkasi Lombok dan akan dijadwalkan tiba pada 1 Agustus. Sedangkan, lima jemaah haji yang tergabung dalam kloter campuran akan menyusul sesuai jadwal pemulangan dari Arab Saudi. (cem)