Perbedaan Waktu Salat Id Tidak Mengurangi Kekhusyukan Ibadah di Dompu

0
Salat idul adha di lapangan kantor Bupati Dompu, Minggu, 10 Juli 2022. Ustaz Wais Alqarni, mengimami salat dan wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, menjadi makmum di belakangnya bersama ribuan jemaah.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Perbedaan waktu pelaksanaan salat idul adha 1443 H di Kabupaten Dompu tidak mengurangi kekhusyukan ibadah umat Islam di Dompu. Pemerintah daerah (Pemda) Dompu sendiri memusatkan pelaksanaan salat idul adha 1443 H di lapangan kantor Bupati, Minggu, 10 Juli 2022. Jemaah muhammadiyah melaksanakan salat Id di lapangan GOR Ginte, Sabtu, 9 Juli 2022.

Ribuan jemaah memadati pelaksanaan salat idul adha dan berlangsung khusus. Di lapangan kantor Bupati, Wais Alqarni, S.Pd.I yang menjadi imam dan ustaz Sakban bin Ahmad sebagai khatib. Di lapangan GOR, yang bertindak sebagai imam Drs Tirmizi dan khatibnya ustaz Mudaris Sunuwibowo.

Wakil Bupati Dompu, H Sahrul Parsan, ST, MT dalam sambutannya pada pelaksanaan salat idul adha 1443 H di lapangan kantor Bupati, Minggu pagi mengajak umat Islam menjadikan perintah berqurban yang disyariatkan kepada Nabi  Ibrahim AS untuk selalu sabar dan ikhlas dalam menjalani hidup, terutama dalam mengisi pembangunan dalam mewujudkan masyarakat Dompu yang Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul, dan Religius).

“Semangat memanfaatkan potensi alam juga harus dilaksanakan secara seimbang dan berkesinambungan guna memperkuat multy player efek terhadap sektor lain. Inilah ichtiar bersama kita mensejahterakan masyarakat yang harus terus diberdayakan, agar semakin banyak orang yang memberi hewan qurban, bukan yang meminta daging qurban,” harapnya.

Semangat berqurban tidak hanya diwujudkan melalui penyembelihan hewan, namun H Syahrul memintah agar semangat itu juga diwujudkan dalam pembangunan daerah. Aparatur sipil negara di semua tingkatan dituntut memberi contoh dalam mengisi pembangunan dengan mengacu pada visi misi daerah. Untuk mewujudkan itu, diperlukan koordinasi dan sinergitas semua elemen serta inovasi dengan berbagai kemajuan teknologi yang ada.

Pemda Dompu juga memeriahkan hari raya idul adha 1443 H dengan pelaksanaan pawai obor. Pawai Obor yang digelar Sabtu, 9 Juli 2022 mengambil garis star dan finis di depan Pendopo Bupati Dompu yang diikuti pelajar, ASN dan masyarakat umum. Wakil Bupati Dompu bersama anggota FKPD dan Sekda Dompu ikut memeriahkan pawai obor bersama para pejabat lingkup Pemda Dompu. (ula)