Pengabdian Masyarakat, Prodi KPI UMMAT Berikan Pembinaan Tahsin Alquran di Desa Giri Sasak

Giri Menang (Suara NTB) – Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) melakukan pembinaan program Tahsin Alquran dalam rangka meningkatkan potensi penghafal Alquran di Desa Giri Sasak, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat.

Ketua Prodi KPI Fakultas Agama Islam UMMAT, Endang Rahmawati M.Kom.I menyampaikan bahwa program pembinaan Tahsin Alquran tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini kami bekerjasama dengan pihak Pemerintah Desa dan Karang Taruna Desa Giri Sasak. Kegiatan Program Pembinaan Tahsin Alquran ini berjalan dengan lancar dan juga disambut antusias oleh tokoh serta warga masyarakat setempat,” ujarnya.

Endang mengaku bahwa pihak mitra dan warga setempat sangat mengapresiasi program pengabdian Prodi KPI UMMAT tersebut karena berkaitan dengan pengembangan ilmu-ilmu Islam dan juga sosial kemasyarakatan yang sangat dibutuhkan oleh generasi muda Desa Giri Sasak di masa depan.

“Karena manfaatnya benar-benar dirasakan dengan baik oleh warga masyarakat, karena dianggap sangat membantu warga dalam mendidik serta mencerdaskan anak-anak warga terutama dalam bidang spiritual keagamaan,” katanya pada Sabtu, 9 Juli 2022.

“Tapi karena program pembinaan Tahsin Alquran ini memang tergolong singkat dan tidak terlalu lama, durasi pelaksanaan program memang hanya selama tiga bulan, dari April-Juni 2022. Sehingga peserta dan masyarakat sangat berharap agar program ini diperpanjang,” sambungnya.

Tim pelaksana program yang beranggotakan Dosen Prodi KPI, M. Zulkifli, M.Sos, Nurliya Ni’matul Rohmah, M.Kom.I dan Sukarta, M.Pd.I. Program Tahsin Alquran dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan dengan peserta yang berasal dari utusan TPQ di masing-masing Dusun di Desa Giri Sasak. “Evaluasi perkembangan peserta, mereka mampu menyerap materi dengan baik terutama dalam bidang ilmu makharijul huruf Alquran,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Giri Sasak, Hamdani menyampaikan apresiasi kepada Prodi KPI UMMAT yang telah memilih Desa Giri Sasak sebagai tempat lokasi pelaksanaan program pengabdian masyarakat. Program pembinaan Tahsin Alquran tersebut dinilai sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Desa untuk menjadikan Desa Giri Sasak menjadi Desa Ibadah, serta menciptakan masyarakat yang lebih religius, maju dalam bidang keilmuan agama.

“Kami mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada pihak kampus Universitas Muhammadiyah Mataram. Karena kegiatan bimbingan Tahsin Alquran yang diadakan oleh kampus Muhammadiyah Mataram ini sangat luar biasa dan sangat membantu anak-anak kami untuk belajar tentang Tahsin Alquran,” ucapnya.

Hamdani pun berharap program-program yang semacam ini ke depan bisa diperbanyak dan dilaksanakan kembali untuk menciptakan generasi Desa Giri Sasak yang qurani di masa yang akan datang. “Saya mewakili masyarakat Desa Giri Sasak sangat berharap kegiatan tahsin Alquran ini atau pun kegiatan-kegiatan yang seperti ini ke depannya akan lebih sering dilaksanakan,” katanya.

Sementara itu Latifa A. Wardani S.H. selaku Ketua Karang Taruna Desa yang bertindak mewakili pemuda-pemudi Desa Giri Sasak memberikan support dan apresiasi yang luar biasa kegiatan Tahsin Alquran di Desa Giri Sasak kali ini yang dilakukan oleh kampus UMMAT tersebut.

“Pembelajaran tahsin ini sebuah keharusan, karena pentingnya belajar tahsin untuk menyempurnakan bacaan Alquran. Karena itu kami ucapkan terimakasih banyak pada pihak Universitas Muhammadiyah Mataram yang sudah berkenan mengadakan program Tahsin Alqur’an di desa kami,” tutupnya. (ndi/*)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...