Pendataan dan Monev Pendapatan Daerah 2022, Kepala Bappenda NTB Kunjungan Kerja ke Samsat Se-NTB

0
UPTB UPPD Mataram. (Suara NTB/ist)

KEPALA Bappenda Provinsi NTB, Hj. Eva Dewiyani, SP, beserta jajaran melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) dalam rangka pembinaan dan monev pendapatan daerah tahun 2022. Pembinaan dan monev pendapatan daerah dilakukan ke seluruh Samsat se-NTB dimulai dari Samsat se Pulau Lombok meliputi Samsat Mataram, Samsat Gerung, Samsat Praya, Samsat Tanjung dan Samsat Selong.

Kunker ke Samsat se Pulau Lombok dimulai tanggal 19 Juni 2022 dan dilanjutkan ke Samsat se-Pulau Sumbawa meliputi Samsat Taliwang, Samsat Sumbawa, Samsat Dompu, Samsat Panda Bima dan Samsat Raba Bima mulai tanggal 6 hingga 8 Juli 2022.

Kunker ke seluruh Samsat se-NTB sekaligus merupakan perkenalan pimpinan baru Bappenda Provinsi NTB kepada seluruh pegawai. Pejabat baru lingkup Bappenda Provinsi NTB terhitung sejak 31 Mei 2022 adalah,  Hj. Eva Dewiyani, SP sebagai Kepala Bappenda Provinsi NTB, Moh. Husni, S.Sos, M.Si sebagai Sekretaris Bappenda Provinsi NTB. Muhari Isnaeni, SH sebagai Kepala Bidang Pengendalian dan Pembinaan Bappenda Provinsi NTB dan Muhamad Takiyubin Subki, SE.,M.Si sebagai Kepala Bidang Pajak Daerah Bappenda Provinsi NTB.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut Kepala Bappenda Provinsi NTB bersama jajaran masing-masing memberikan pengarahan dan motivasi kepada seluruh pegawai dalam rangka tercapainya kinerja yang optimal dan tercapainya target pendapatan daerah tahun 2022.

Agenda lain dalam kunjungan kerja kali ini di samping melaksanakan monitoring ke sejumlah lokasi pelayanan Samsat, adalah membawa misi peningkatan pelayanan dan literasi melalui kegiatan penyerahan buku bacaan untuk keperluan Pojok Baca di masing-masing Kantor Samsat se-NTB. Tersedianya Pojok Baca tersebut merupakan tindak lanjut atas instruksi Kepala Bappenda Provinsi NTB, Hj. Eva Dewiyani, SP pada awal Juni lalu kepada seluruh Kepala UPTB UPPD se-NTB untuk menyediakan Pojok Baca di masing-masing Kantor Samsat.

Dalam hal ini Bappenda Provinsi NTB bersama seluruh Samsat se-NTB bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, sejumlah OPD di Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten/Kota hingga para pegawai Bappenda Provinsi NTB yang sukarela menyumbangkan koleksi bukunya untuk keperluan Pojok Baca tersebut.

Adanya Pojok Baca di masing-masing Kantor Samsat menurut Kepala Bappenda Provinsi NTB dinilai penting. Sembari wajib pajak menunggu antrean dalam pelayanan Samsat, masyarakat dapat memanfaatkan waktu luang saat mengantre untuk membaca beragam koleksi buku yang telah disuguhkan.

Selain itu, tersedianya Pojok Baca tersebut diharapkan dapat memantik ketertarikan masyarakat terhadap literasi dan melahirkkan kebiasaan gemar membaca. Mengingat Pemerintah Provinsi NTB telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Literasi untuk Kesejahteraan pada tahun 2019 lalu.

Bahwa dalam rangka pembudayaan kegemaran membaca dan literasi untuk kesejahteraan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, disampaikan diantaranya Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban menggalakkan pembudayaan kegemaran membaca dan literasi untuk kesejahteraan dengan memanfaatkan perpustakaan dan sumber-sumber informasi yang ada. (*)

UPTB UPPD Tanjung. (Suara NTB/ist)
UPTB UPPD Gerung. (Suara NTB/ist)
UPTB UPPD Praya. (Suara NTB/ist)
UPTB UPPD Selong. (Suara NTB/ist)
UPTB UPPD Taliwang. (Suara NTB/ist)
UPTB UPPD Sumbawa Besar. (Suara NTB/ist)
UPTB UPPD Dompu. (Suara NTB/ist)
UPTB UPPD Panda Bima. (Suara NTB/ist)
UPTB UPPD Raba Bima. (Suara NTB/ist)