KSB Bentuk Tim Terpadu Rekrut Karyawan Proyek Smelter

Taliwang (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) saat ini tengah membentuk tim terpadu yang akan mengawal proses rekrutmen calon karyawan proyek smelter. ‘’Sedang digodok oleh Disnakertrans susunan timnya,’’ terang Sekretaris Daerah (Sekda) KSB, Amar Nurmansyah, Jumat, 8 Juli 2022.

Sebenarnya, kata Sekda, pihaknya telah meminta susunan tim terpadu khusus internal pemerintah itu diselesaikan pekan lalu. Sebab menurutnya, jangan sampai kontraktor proyek konstruksi smelter membuka lowongan kerja tim tersebut belum siap. ‘’Selama ini kita tuntut perusahaan agar pemerintah dilibatkan saat rekrutmen. Makanya perlu lebih dulu kita siapkan segala sesuatunya sejak sekarang,’’ cetusnya.

Sekda  menyatakan, tim terpadu yang dibentuk Pemerintah KSB itu bertujuan untuk memastikan proyek konstruksi smelter memanfaatkan semaksimal mungkin tenaga kerja lokal. ‘’Kita diberi kuota 1.200 tenaga kerja. Kita akan pastikan itu semua bisa diisi oleh lokal bahka sudah kita minta ke perusahaan agar jobdesk lainnya diserahkan ke kita supaya kalau ada lokal yang bisa isi, pekerja lokal yang diutamakan di job tersebut,’’ tegas Sekda.

Terpisah Kepala Disnakertrans KSB, H. Muslimin. HMY mengatakan, tim yang dibentuknya akan diberi nama Tim Terpadu dan Terintegritas. Di dalam tim itu Disnakertrans melibatkan sejumlah OPD yang akan bertugas memastikan seluruh calon pekerja benar-benar memenuhi kriteria kelokalannya.

‘’Terutama kami melibatkan Dukcapil, karena mereka yang bisa tahu persis selokal apa calon pekerja yang melamar dengan melihat data administrasi kependudukannya,’’ paparnya seraya menambahkan, tim bentukannya itu akan bekerja secara transparan.

“Kami sematkan kata integritas pada nama tim yang artinya kami tidak menutupi apapun soal proses rekrutmen nanti,” janjinya.

Muslimin selanjutnya menjelaskan, tim terpadu nanti juga akan melibatkan manajemen perusahaan kontraktor proyek smelter. Dan lewat tim itulah semua rekrutmen kebutuhan pekerja proyek smelter akan dilaksanakan. “Istilahnya satu pintu. Jadi tidak ada rekrutmen pekerja di proyek smelter nanti tanpa sepengetahuan tim karena harus lewat satu pintu di dinas ini (Disnakertrans),” tandasnya. (bug)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

0
Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang dilaksanakan oleh berbagai pihak berlangsung meriah, tak terkecuali PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang...

Latest Posts

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang...

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...