Disnakeswan Jamin Hewan Kurban di Dompu Aman Dikonsumsi

Dompu (Suara NTB) – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Dompu menyebarkan petugasnya untuk memantau kesehatan hewan kurban yang disembelih warga. Tidak hanya penyakit mulut dan kuku yang dipantau, tapi semua penyakit pada ternak ikut diperiksa. Hasilnya, tidak ditemukan adanya hewan kurban yang berpenyakit.

“Kita sebar petugas yang ada untuk memantau semua hewan kurban, baik yang disembelih di RPH (Rumah Potong Hewan) atau disembelih langsung warga. Alhamdulillah kondisinya aman, tidak ada kita temukan yang berpenyakit,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Ir Zainal Arifin, MSI kepada Suara NTB, Minggu, 10 Juli 2022.

Ia sendiri melakukan mepantauan pada hewan kurban yang disembelih di RPH Kandai Dua dan beberapa pemotongan oleh warga. Rata – rata hewan kurban yang disembelih merupakan hewan pilihan sebagaimana syarat hewan kurban, yaitu tidak cacat apalagi berpenyakit. “Tadi saya ke RPH. Ada banyak yang disembelih dan memang hewan pilihan yang disembelih,” ungkapnya.

Zainal mengaku, pasca kemunculan PMK di Lombok dan Jawa membuat pihaknya terus meningkatkan pengawasan ternak. Kendati PMK masih aman untuk dikonsumsi, tapi upaya antisipasi dan sosialisasi kepada masyarakat petani terus ditingkatkan untuk menjaga kesehatan hewan dan masyarakat.

Ia pun mengaku, menjadi komitmen pihaknya untuk terus mengawasi setiap ternak yang ada dari penyakit. Ketika ditemukan berpenyakit, pihaknya langsung bertindak dengan memberikan pengobatan yang dibutuhkan. “Sejauh ini masih aman, termasuk dengan memberikan suntikan vaksin dan vitamin pada ternak,” katanya.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu juga tetap secara rutin melakukan vaksinasi bagi anjing untuk mencegah rabies. Karena ancaman terhadap rabies masih cukup tinggi dan ditandai masih adanya gigitan anjing pada manusia. “Suntik vaksin rabies juga tetap jalan kita,” terangnya. (ula)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Bupati Lobar Promosikan Wisata Olahraga Bersepeda di Senggigi

0
Giri Menang (Suara NTB) - Keindahan alam dan pantai di kawasan Senggigi, Kecamatan Batulayar tidak perlu diragukan lagi. Senggigi menjadi salah satu kawasan primadona...

Latest Posts

Bupati Lobar Promosikan Wisata Olahraga Bersepeda di Senggigi

Giri Menang (Suara NTB) - Keindahan alam dan pantai...

Kasus Tanah Eks GTI, Menteri ATR/BPN akan Cek ke Gili Trawangan

Jakarta (Suara NTB) – Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan...

Disnakertrans NTB Beberkan Modus Ijon pada Perekrutan CPMI

PENANGGULANGAN Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal tidak hanya menjadi...

KEK Diharap Kembangkan Kawasan Ekonomi Daerah

Mataram (Suara NTB) - Membangun beberapa pengembangan kawasan ekonomi...

Petani Porang di Sekotong Tengah Keluhkan Ruas Jalan Rusak

Akibat jalan rusak di wilayah terisolir Dusun Serero Desa...