Disayangkan, Masyarakat Mau Vaksin Booster Kalau Ada Keperluan

0
Personel Polsek KP3 Lembar melakukan pemeriksaan terhadap penumpang, apakah sudah melakukan vaksinasi atau belum di Pelabuhan Lembar. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Tingkat kesadaran masyarakat terhadap vaksin booster masih rendah. Hal ini tergambar dari capaian vaksinasi booster. Warga masyarakat disayangkan lantaran mau vaksin booster kalau mereka ada perlu seperti perjalanan ke luar daerah.

M. Husni, Kepala UPT BLUD Puskesmas Kuripan mengatakan sejauh ini pelayanan vaksinasi tidak segencar awal-awal dulu. “Sekarang kalau ndak perlu (mau perjalanan ke luar daerah), ndak mau warga datang untuk vaksin booster,” katanya akhir pekan kemarin. Pelayanan vaksinasi tetap dibuka setiap hari di puskesmas, namun warga yang datang sangat minim.

Pelayanan di pusksesmas bersifat menunggu, sehingga yang dilayani adalah warga yang datang ke puskesmas. Rata-rata yang datang untuk vaksin booster yang perlu untuk perjalanan. Sedangkan pelayanan vaksinasi di luar, seperti gerakan vaksinasi di lapangan tidak segencar dulu. Sejauh ini, capaian vaksinasi booster di Kuripan mencapai 20 persen. Sedangkan target harus dicapai 30 persen. Sedangkan untuk Lobar kemungkinan masih di bawah 20 persen.

Menurutnya, menurunnya animo masyarakat untuk vaksinasi ini dipengaruhi juga oleh kebijakan bebas masker di tempat keramaian. Namun adanya kebijakan pemerintah memberlakukan vaksin booster bagi pelaku perjalanan menyebabkan warga kembali mengurus vaksinasi. “Kalau ndak perlu mereka ndak mau vaksinasi. Tapi dengan adanya kebijakan vaksin booster ini berpengaruh juga,”ujarnya.

Sementara itu, di Pelabuhan Lembar belum memberlakukan vaksin booster bagi pelaku perjalanan yang melalui pelabuhan itu.

Kapolsek KP3 Lembar Iptu Irvan Surahman, S.Tr.K. mengatakan di pelabuhan belum memerlukan kebijakan vaksin booster bagi pelaku perjalanan. “Kami dan otoritas pelabuhan sedang menunggu kebijakan dan pemberitahuan,”ujarnya.

Namun demikian, pengawasan dan pengetatan terhadap penumpang dan kendaraan tetap dilakukan. Pihaknya melakukan pemeriksaan bagi penumpang dan kendaraan. (her)