Berlangsung Khidmat Salat Idul Adha di Islamic Center

0
Suasana Salat Idul Adha di Islamic Center NTB yang dijalankan dengan prokes (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB)– Minggu, 10 Juli 2022, umat Muslim melaksanakan salat Idul Adha 10 Zulhijjah 1443 H di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB. Salat Ied berlangsung dengan penuh khidmat. Takbir, tahlil dan tahmid berkumandang sejak tanggal 9 Zulhijjah untuk menyambut Idul Kurban ini.

Salat Ied di Islamic Center berlangsung dengan protokol kesehatan (prokes). Dimana para jemaah diminta tetap mengenakan masker saat memasuki masjid. Jika jemaah kebetulan tak membawa masker, petugas memberikan masker untuk dikenakan selama pelaksanaan ibadah.

Dalam kesempatan tersebut, bertindak sebaai Imam, TGH Lalu Ibrahim dari Ponpes Ishlahuddiny Kediri dan Khatib Ketua PWNU NTB yang juga Rektor UIN Mataram Prof TGH Masnun Tahir.

Dalam khutbahnya, TGH Masnun Tahir mengatakan, pelaksanaan Idul Adha dan ibadah kurban pada hakikatnya sebagai bentuk kesadaran untuk mematuhi perintah Allah dan napak tilas perjalanan para Nabi dan Rasul Allah.

“Ibadah kurban merupakan salah satu ibadah yang penting dalam ajaran Islam. Ibadah ini memiliki fondasi yang kuat dan akar sejarah yang panjang dari zaman rasul-rasul terdahulu,” ujarnya.

Nabi Ibrahim dikenal sebagai peletak batu pertama ibadah kurban. Peristiwa perintah penyembelihan yang dilakukan nabi Ibrahim kepada Putranya Ismail merupakan dasar dari lahirnya ibadah kurban. Nabi Ibrahim dengan penuh iman dan keikhlasan bersedia menyembelih putranya hanya semata-mata untuk mematuhi perintah Allah SWT.

“Ini adalah ujian ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT,” katanya.

Masnun mengatakan, di momentum Idul Kurban ini, Allah memerintahkan umat Islam yang memiliki kelebihan agar melakukan kurban setiap tahun mulai tanggal 10 Zulhijjah sampai hari tasyrik. Di kemudian hari, ibadah kurban ini menjadi anjuran bagi umat Islam untuk menyembelih hewan kurban yang dimulai usai salat Ied.

” Hikmah Idul Kurban yaitu adakah kita sangguh mengorbankan diri, keluarga, harta dan jiwa demi menegakkan perintah Allah dan adakah kita sanggup memikul amanah sebagai hamba Allah di muka bumi ini,” lanjut Masnun dalam khutbahnya.

Di peyaraan Idul Adha tahun ini, PHBI Dewan Pengurus Islamic Center Provinsi NTB berhasil mengimpun hewan kurban sebanyak 22 ekor sapi dan kambing sebanyak 27 ekor. Hewan kurban berasal dari sejumlah OPD, perbankan, lembaga dan perorangan yang berkurban melalui PHBI Islamic Center.

Selanjutnya hewan kurban tersebut telah disalurkan ke masyarakat melalui masjid, lingkungan, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, yayasan, lembaga pendidikan dan lain sebagainya.(ris)