Sosialisasi Beasiswa, ICHI NTB Gandeng Anggota DPRD dan Brida

0
Suasana sosialisasi beasiswa  bagi Mahasiswa Berprestasi bersama  Badan Riset dan Inovasi  Daerah (Brida) Provinsi NTB di Kampus Universitas Mahasaraswati Mataram, Kamis, 7 Juli 2022. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Anggota DPRD Provinsi NTB,   Ir. I Made Slamet,  memberikan perhatian kepada para mahasiswa  yang kurang mampu tetapi berprestasi.   Anggota dewan dari  Fraksi PDIP itu  menyatakan, telah  menganggarkan dana pokirnya untuk beasiswa bagi para mahasiswa  yang kurang mampu tetapi berprestasi.

Besarannya tidak tanggung-tanggung yakni  Rp500 juta setiap tahun  dan berturut-turut selama lima tahun. ‘’Dananya sudah siap, tinggal bagaimana kita menggiring  para mahasiswa untuk  berpacu dan mau  maju,’’  ungkap Slamet dalam acara  Sosialisasi Beasiswa  bagi Mahasiswa Berprestasi bersama  Badan Riset dan Inovasi  Daerah (Brida) Provinsi NTB di Kampus Universitas Mahasaraswati Mataram, Kamis, 7 Juli 2022.

 

Dikatakan  anggota dewan yang juga Ketua Yayasan Dharma  Laksana Mataram itu, bahwa pemikiran tersebut  berangkat dari  keprihatinan banyaknya  mahasiswa yang pintar namun tidak bisa melanjutkan studinya  karena keterbatasan biaya.            Semua ini dilakukan  di dalam upaya untuk meningkatkan kwalitas  sumber daya manusia (SDM)  masyarakat NTB.  ‘’Kita mau investasi di SDM untuk mempersiapkan  SDM yang berkwalitas dan punya daya saing,’’  katanya.

 

Terkait dengan hal ini,  pihak Slamet akan bersinergi  dengan pihak  Dewan Pimpinan Regional (DPR) ICHI NTB dan Brida Provinsi NTB.  Secara teknis untuk merekrut dan menyeleksi  para mahasiswa calon  peserta, diserahkan sepenuhnya kepada ICHI NTB. Sementara teknis pendanaannya  melalui Brida.  ‘’Mohon dikawal dana kami,  silakan  ICHI  dan Brida melakukan koordinasi, agar dana kami  bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,’’   pesan Slamet.

 

Pihak ICHI NTB menyambut  dengan antusias  program ini.  Di dalam  membangun daerah, maka  upaya membangun  kualitas SDM adalah sangat penting.  Namun  bukan berarti   mengabaikan investasi yang lain.  Untuk meninmgkatkan kualitas SDM,  pendidikan adalah kuncinya.  Pemberian beasiswa  kepada  para mahasiswa berprestasi,  untuk memberikan ruang bagi para mahasiswa  yang kurang mampu   bisa maju.  Apalagi di zaman  teknologi maju yang penuh dengan persaingan seperti sekarang ini,  menuntut  peningkatan kwalitas SDM.   ‘’Kami ingin menampilkan para petarung,  ayo para mahasiswa menjadi petarung yang handal,’’  ungkap  Ketua  ICHI  NTB,   Dr. Ir. I Gst. Lanang  Media, M. Si.  dalam sambutannya.

 

Di sisi lain,  lanjut Media,  gagasan dan program  pemberian beasiswa  bagi mahasiswa  prestasi  ini,   di dalam upaya  membangun  SDM NTB  agar ke depan SDM NTB  bisa maju dan mampu bersaing.  Hal ini sesuai dengan ajaran  jana kertih di dalam ajaran Hindu.   ‘’Artinya,  untuk  mampu bersaing dibutuhkan SDM  yang  hebat,’’   katanya.

 

Acara     sosialisasi  kemarin,  dihadiri  oleh  Kabid Bimas Hindu Kementerian Agama Provinsi NTB,   para  pimpinan  Ormas  dan tokoh  Hindu,   dosen,   kalangan guru dan  mahasiswa.  Dari pihak BRIDA Propinsi NTB  memaparkan tentang proses, aturan dan persyaratan untuk meperoleh  bea siswa berpreastasi  bagi mahasiswa.   Untuk mendapatkan  bea siswa berprestasi,  Brida bekerja sama dengan  perguruan tinggi swasta.  ‘’Bagi   yang  mau mengajukan  secara perorangan, juga  boleh, silakan,’’  jelas  Ahmad  Muslim, perwakilan dari  Brida.

 

Muslim  mengapresiasi  langkah  dari anggota dewan yang telah  mengarahkan dana pokirnya untuk  beasiswa  bagi mahasiswa berprestasi.  ‘’Ini  luar biasa,  dan sangat bagus kalau diikuti oleh anggota dewan yang lain,’’    harap Muslim.  (r)