Sengketa Lahan Smelter, Salinan Putusan Diterima, Sertifikat Segera Dibuat

0
Noto Karyono.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Salinan putusan kasasi terkait sengketa sisa lahan smelter dari Mahkamah Agung (MA) telah diterima pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Kabag Pemerintahan Sekretariat Daerah  (Setda) KSB, Noto Karyono menjelaskan, salinan putusan MA yang memperkuat putusan Pengadilan Negeri (PN) Sumbawa memenangkan Pemda KSB atas gugatan H. Yandri Kinandara selaku pemilik lahan itu diterimanya pekan lalu. “Kami terima dalam bentuk kopian salinan putusannya,” terangnya.

Dengan putusan MA itu Pemda KSB kini secara resmi sebagai pemilik lahan seluas sekitar 60,91 are tersebut. Di mana sebelumnya Pemda KSB membelinya melalui proses pengadaan tanah pemerintah untuk kepentingan umum dari tangan pemiliknya atas nama H. Yandri Kinandara. Menurut Noto, setalah sah sebagai pemilik Pemda KSB selanjutnya akan mengurus kelengkapan administrasinya. Dalam hal ini membuatkan sertipikat lahan itu atas nama Pemda KSB.

“Karena pengadaannya oleh kami (bagian pemerintahan), jadi kami yang akan urus pengajuan penerbitan sertipikatnya ke Badan Pertanahan Negara (BPN),” papar Noto seraya menambahkan pihaknya akan menyiapkan anggarannya terlebih dahulu. “Untuk biaya sertipikanya akan kami usulkan di APBD perubahan tahun ini,” janjinya.

Selanjutnya ia menambahkan, tanah hasil pengadaan di lokasi smelter itu akan diserahkan ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat untui kemudian dicatat sebagai aset daerah. “Insyaallah secepatnya kami serahkan ke BPKAD sambil menunggu sertipikatnya diterbitkan oleh BPN,” imbuhnya. (bug)