Resepsi Milad Ke-42, Ummat Komitmen Tingkatkan Prestasi dan Dedikasi untuk Negeri

0
Rektor Ummat H. Arsyad Abd. Gani (kedua dari kanan) didampingi sejumlah tamu undangann saat menyerahkan bantuan gerobak kepada masyarakat saat acara resepsi milad ke-41 Ummat. (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) telah memasuki usia yang ke-42 tepat pada 25 Juni 2022. Di usianya yang ke-42 ini, Ummat terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusianya menuju kampus yang berdaya saing di kawasan ASEAN.

Resepsi milad ke-42 dilaksanakan di Auditorium H. Anwar Ikraman, Kamis, 7 Juli 2022. Dalam milad kali ini Ummat mengambil tema “Kebersamaan Mewujudkan Kemajuan”. Acara dihadiri oleh perwakilan dari Gubernur NTB, Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Hj. Siti Muslimah Widyastuti, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTB yang diwakili oleh Dr. H. Subhan Abdullah Acim MA., Rektor Ummat Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd., dan seluruh civitas akademika Ummat. Pelaksanaan milad ke-42 Ummat ini juga dirangkai dengan Milad Muhammadiyah ke-114.

Dalam pidato sambutan, Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd., menyampaikan rasa bangga atas prestasi dan kegigihan bersama dalam melewati segala rintangan yang menghadang selama menjalankan tugas di Ummat.

“Kepada segenap pimpinan, dosen, karyawan, mahasiswa, saya turut bersyukur, berbahagia, dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan kita mengantarkan UMMAT dengan berbagai torehan prestasi tersebut karena telah bekerja dan berkorban dengan ikhlas dan sepenuh hati. Keberhasilan kita adalah bukti kerja keras dan pengorbanan. Semoga hari ini menjadi pintu gerbang menuju jelan keberhasilan masa depan yang gemilang di bawah ridho Allah,” ujarnya.

Usia ke-42 merupakan usia yang panjang untuk berbenah diri. Bertambahnya usia adalah lambang kematangan diri. Tentu dalam perjalanan selanjutnya, UMMAT terus akan berbenah menjadi lembaga yang kredibel di tengah masyarakat yang benar-benar-diharapakan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Rektor juga menyampaikan informasi tentang capaian UMMAT di usia yang ke-42 dalam bidang akademik, sarana dan prasarana, bidang kemahasiswaan, dan bidang penguatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).

Sebagai wujud komitmen agar mampu bersaing di kancah nasional dan ASEAN, sejak tahun 2018 hingga sekarang, secara bertahap UMMAT telah membangun tatanan baru, antara lain melakukan kerjasama di bidang Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan beberapa universitas di Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Taiwan, Polandia, Ceko seperti University of Malaysia, Universitas Kuala Lumpur, University Teknologi Malaysia, Universitas Warsawa Polandia, Universitas OMDURMAN Sudan, dan lain-lain.

Sambutan lainnya juga disampaikan oleh Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Hj. Siti Muslimah Widyastuti. Ia mengatakan situasi kompetisi antar perguaruan tinggi saat ini begitu tinggi sehingga Ummat harus meningkatkan daya saing hingga mencapai tingkatan superior yaitu unggul dari pesaing-pesaingnya.

“Upaya untuk menjadikan Ummat lebih unggul dan berkualitas adalah dengan selalu meyendiakan saluran informasi dan komunikasi yang lengkap, cepat, dan mudah sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan costumer segment. Selain itu selalu mengupdate informasi melalui website dan media sosial agar informasi mengenai segala kegiatan UMMAT diketahui masyarakat luas,” jelasnya.

Gubernur NTB yang diwakili Asisten III Setda NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., M.P.H., mengucapkan selamat dan penghargaan tinggi kepada Ummat dalam usia ke-42. Ia menyampakan agar segala pencapaian Ummat semakin meningkat di tahun mendatang.

“Peringatan milad adalah peristiwa penting dan menandai awal kehidupan. Pertambahan usia juga selalu dibarengi dengan pengharapan akan bertambahnya kedewasaan bagi Ummat sebagai lembaga yang akan melahirkan para ilmuan berkualitas. Perjalanan Ummat selama ini telah menempatkan Ummat sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terpadang di NTB,” ujar Nurhadini Eka Dewi.

Resepsi milad ke-42 juga dirangkaikan dengan penandatangan MOU oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram dengan Direktur BPJS Ketenagakerjaan NTB, peluncuran Mudjitahid Corner sekaligus penyerahan secara simbolis oleh keluarga H. L. Mudjitahid kepada Rektor Ummat, dan pemberian bantuan untuk UMKM untuk masyakarat sekitar Ummat berupa dua buah gerobak, payung untuk pedagang sekitar kampus dan 50 paket sembako.

Selain itu, dalam rangka menyemarakkan miladnya yang ke-42 dan untuk meningkatkan silaturahim di antara civitas akademika, Ummat juga mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan civitas akademika Ummat antara lain jalan sehat, lomba-lomba antar Prodi yang ada di Ummat seperti lomba kebersihan tingkat Fakultas, dan lomba di bidang olah raga seperti tenis meja dan futsal.

Pemberian hadiah untuk lomba-lomba tersebut diberikan langsung pada saat resepsi milad sekaligus pemberian penghargaan untuk para mahasiswa-mahasiswa dan pegawai Ummat yang berprestasi. (ron)