Pemprov NTB akan Gelar Roadshow Industrialisasi ke Kabupaten/Kota

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah daerah berencana akan menggelar roadshow sekaligus dirangkai dengan expo (pameran) industri di 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB. Seluruh stakeholders terkait dipersiapkan untuk itu. Dari pelaku Industri Kecil Menengah, lembaga keuangan, hingga asosiasi-asosiasi usaha.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE, ME., mengatakan, saat ini tengah dilakukan persiapan untuk menggelar expo industri dimaksud. IKM yang ada di masing-masing kabupaten/kota diminta juga untuk bersiap mengikuti pameran ini. Jumat, 7 Juli 2022, Kepala Dinas Perindustrian, Nuryanti melakukan pertemuan dengan seluruh stakeholders.

Dari asosiasi pengusaha perempuan, IKM kopi, IKM cake, IKM kosmetik, hingga pegiat lingkungan yang sudah menciptakan produk dari bahan baku sampah menjadi produk bernilai jual tinggi. Dari industri jasa keuangan juga hadir, termasuk dari otoritasnya, serta lembaga pembiayaan lainnya. Pertemuan dilakukan di ruang rapat industri.

Dalam kesempatan ini, dibahas persiapan-persiapan untuk dilaksanakan pameran industri. “Jadwalnya sedang kita persiapkan. Tapi selesai lebaran (Idul Adha) akan dilaksanakan,” kata Nuryanti. Dalam kesempatan ini, IKM diminta mempersiapkan diri mengikuti expo industri. Menampilkan produk-produk yang sudah dihasilkannya kepada masyarakat. Lembaga pembiayaan juga diminta ikut terlibat. Demikian juga akademisi dari perguruan tinggi.

Nuryanti mengatakan, pameran industri yang akan dilaksanakan di kabupaten/kota dihajatkan sebagai ruang promosi produk-produk yang sudah dihasilkan oleh IKM di NTB. Disanalah akan dimunculkan produk-produk industrialisasi yang sudah dihasilkan. Selain itu, diminta hadirnya lembaga keuangan adalah untuk memudahkan para IKM di kabupaten / kota mendapatkan informasi akses permodalan dalam pengembangan usahanya.

“Pemerintah daerah mengharapkan IKM akan mendapatkan informasi terkait kebutuhan modal dan syarat-syaratnya. Bisa datang langsung ke expo industrialisasi,” imbuhnya. Yang paling penting adalah, IKM di kabupaten/kota diharapkan dijembatani. Apa-apa yang menjadi kekurangan atau kesulitasnnya, dapat dijawab pada kegiatan roadshow industrialisasi.

“Pak gubernur akan hadir langsung untuk memastikan kebutuhan-kebutuhan apa yang diinginkan oleh IKM untuk tumbuh dan berkembang,” demikian Nuryanti. (bul)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...