Pemprov Fasilitasi Kepulangan Jenazah TKW Asal Lombok Tengah

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang diwakili Ketua Tim NTB Care Dr.Ir. H. Amry Rakhman, M.Si, menyampaikan  Pemprov NTB telah  memulangkan jenazah TKW  asal Mawun, Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah yang sempat tertahan di Serang, Banten.

‘’Gubernur memberikan instruksi segera kondisi tersebut. Alhamdulillah sinergi dan koordinasi Dinas Sosial Provinsi NTB, NTB Care,  BAZNAS Provinsi NTB, Pemda Lombok Tengah, Baznas Loteng, Kepala Desa Tumpak Kecamatan Pujut, proses pemulangan jenazah ke NTB berjalan lancar,’’ ujar Amry yang juga Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan Infrastruktur dan Pembangunan, Kamis, 7 Juli 2022 di Mataram.

Dikatakan Amry,  jenazah telah tiba di NTB Rabu pukul 14.30 Wita dan telah dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, H. Ahsanul Khalik, S.Sos.MH menjelaskan, Gubernur meminta Dinas Sosial berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi NTB,  termasuk Pemda Lombok Tengah.

‘’Hasil koordinasi kami dengan pihak Baznas Provinsi NTB, mereka  bersedia untuk memfasilitasi dan membiayai kepulangan jenazah almarhumah.   Bahkan telah dibelikan tiket kargo, dan tibanya di Lombok langsung akan diantar dengan ambulans Baznas Provinsi NTB menuju rumah duka. Sementara tiket pemulangan jenazah dari Arab Saudi – Bandara Soekarno Hatta ditanggung oleh majikan.” terang Ahsanul Khalik.

Kadis Sosial menambahkan,  PMI yakni BA (perempuan) tersebut meninggal akibat gagal jantung dan pernafasan. Awalnya informasi itu diperoleh dari KBRI Riyadh, Arab Saudi, Direktorat Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI, dan UPT BP2MI Provinsi Banten.

Lebih lanjut kata Ahsanul Khalik, berdasarkan informasi yang diperoleh Pekerja Sosial Dinas Sosial NTB dari keluarga almarhumah,  BA sudah sering bolak-balik ke Timur Tengah dan 3 tahun terakhir ini mengalami sakit sesak dan meninggal dunia di Arab Saudi pada awal bulan Juni 2022.

Ditambahkan Hizam, Anggota Tim Aduan dan Tindaklanjut NTB Care,  bahwa terkait hal ini memang cukup menjadi perhatian publik karena laporan yang masuk di NTB Care terkait ini cukup banyak. (rr)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Bupati Lobar Promosikan Wisata Olahraga Bersepeda di Senggigi

0
Giri Menang (Suara NTB) - Keindahan alam dan pantai di kawasan Senggigi, Kecamatan Batulayar tidak perlu diragukan lagi. Senggigi menjadi salah satu kawasan primadona...

Latest Posts

Bupati Lobar Promosikan Wisata Olahraga Bersepeda di Senggigi

Giri Menang (Suara NTB) - Keindahan alam dan pantai...

Kasus Tanah Eks GTI, Menteri ATR/BPN akan Cek ke Gili Trawangan

Jakarta (Suara NTB) – Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan...

Disnakertrans NTB Beberkan Modus Ijon pada Perekrutan CPMI

PENANGGULANGAN Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal tidak hanya menjadi...

KEK Diharap Kembangkan Kawasan Ekonomi Daerah

Mataram (Suara NTB) - Membangun beberapa pengembangan kawasan ekonomi...

Petani Porang di Sekotong Tengah Keluhkan Ruas Jalan Rusak

Akibat jalan rusak di wilayah terisolir Dusun Serero Desa...