Jelang Idul Adha, Danrem 162/Wirabhakti Pantau Lalulintas Ternak di Kayangan

0
Danrem Wirabhakti Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo saat melakukan pemantauan di pelabuhan Kayangan, Kamis, 7 Juli 2022. (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Menjelang hari raya Idul Adha, Komandan Korem (Danrem) 162 Wirabhakti, Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, Kamis, 7 Juli 2022 memantau langsung lalu lintas kedatangan hewan ternak di pelabuhan Kayangan, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur (Lotim).

Danrem di dampingi Dandim 1615 Lotim, Letkol Inf M. Said, Kadis Kesehatan Hewan (Disnakeswan) H. Mahsyur, Kapolsek Pelabuhan Laut (KPL) Pelabuhan Kayangan Anang Ma’ruf, dan juga Manajer Usaha ASDP Pelabuhan Kayangan, Muhariani Eka Rossy dan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Mataram, Arinaung.

Kepada media, Danrem menjelaskan kedatangannya semata inigin melihat kesiapan Pelabuhan Kayangan dan Balai Karantina dalam penanganan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang masih mewabah.

Hewan ternak yang melintas antarpulau ini harus dipastikan dalam keadaan sehat. Saat ini tidak di perbolehkan adanya hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau dan babi. Hewan yang melintas harus melalui beberapa pemeriksaan, dan juga penyemprotan cairan Disinfektan.

Pengawasan ketat juga  dilakukan kepada kendaraan pengangkut hewan ternak. Semua harus bisa menunjukkan dokumen pengiriman, kemudian diarahkan ke Balai Karantina untuk pemeriksaan kesehatan. Kesiapan ASDP, Balai Karantina dan KPL Pelabuhan dinilai cukup bagus.

Menurut Danrem, yang perlu juga menjadi perhatian adalah adanya virus PMK yang menempel pada manusia. Karenanya, orang-orang yang melintas ini juga perlu diperiksa. Danrem mengatakan semua mobil yang lewat di pelabuhan Kayangan itu Disinfektan. “Orang juga disemprot, supaya kita menjaga saudara kita yang di Sumbawa, termasuk juga yang mengarah ke Bali,” demikian ucapnya. (rus)