PPDS Bedah FK Unram Gelar Ujian Masuk Perdana

Mataram (Suara NTB) – Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (Unram) resmi menggelar ujian masuk perdana untuk Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Bagian Bedah. FK Unram resmi mendapatkan izin operasional untuk melaksanakan jenjang pendidikan spesialis 1 di bidang bedah atau Program Pendidikan Dokter Spesialis Bedah (PPDS Bedah). Program studi (Prodi) ini merupakan program studi spesialis pertama yang ada di NTB.

Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Hamsu Kadriyan, Sp.T.H.T.K.L (K).,M.Kes., pada Rabu, 6 Juli 2022 mengatakan, pelaksanaan ujian masuk PPDS Bedah dilaksanakan di ruang laboratorium komputer (CBT Center) FK Unram.

Total ada 11 peserta yang melakukan pendaftaran ujian seleksi, namun pada ujian psikometri yang telah dilaksanakan Selasa, 5 Juli 2022 di Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma NTB sebanyak 7 peserta yang hadir. Total ada 7 peserta yang akan lanjut dalam tes berikutnya.

“Hari ini (kemarin, red) adalah pelaksanaan ujian TPA, Bahasa Inggris dan kompetensi bedah. Ujian dilaksanakan secara bertahap sejak pukul 08.00 Wita sampai selesai,” ujar Hamsu.

FK Unram setelah mendapatkan lampu hijau untuk menyelenggarakan diklat profesi tingkat 1 di bidang Ilmu Bedah atau Program Pendidikan Dokter Spesialis Bedah (PPDS Bedah) berdasarkan Permendikbud Nomor 424/E/O/2022 Republik Indonesia, langsung bergerak cepat untuk melaksanakan pembukaan program studi baru tersebut.

“Hal ini dilakukan untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dalam ilmu bedah mengingat keterbatasan SDM dokter spesialis bedah di Indonesia,” kata Hamsu.

Sebelumnya, Hamsu menjelaskan, pihaknya sudah tiga tahun mengajukan prodi PPDS Bedah ini. “Prosesnya sangat panjang dan banyak hambatan, seperti Covid-19, pergantian anggota Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), dan lainnya. Saya mengucapkan selamat kepada civitas akademika FK Unram atas lahirnya program studi tersebut,” ujarnya.

Pengusulan PPDS Bedah dilakukan karena jumlah dokter bedah di Indonesia masih kurang dan belum merata, khususnya di Indonesia bagian tengah dan timur, sementara kasusnya banyak. Kondisi ini menjadi salah satu penghambat akses pelayanan kesehatan yang berakibat pada derajat kesehatan masyarakat rendah.

PPDS Bedah menerima mahasiswa baru periode Juli 2022. Syaratnya merupakan lulusan dokter, lulus tes akademik dan wawancara serta sehat fisik dan mental. FK Unram telah menyiapkan tenaga pengajar dan fasilitas mumpuni untuk mendukung operasional PPDS Bedah.

“Dosen sudah lengkap, ada Sp2 di berbagai sub divisi bedah, ada dosen yang S3, tenaga kependidikan, rumah sakit pendidikan utama dan jejaring, ruang pertemuan, ruang diskusi, ruang jaga residen sudah lengkap semua,” ujar Hamsu. (ron)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

0
Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang dilaksanakan oleh berbagai pihak berlangsung meriah, tak terkecuali PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang...

Latest Posts

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang...

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...