Pilkades di Bima Ricuh, Kantor Desa Dirusak

0
Massa melempar kantor Desa Bajo  dalam kericuhan saat proses pemungutan suara Pilkades Desa Bajo Kecamatan Soromandi, Rabu, 6 Juli 2022. (Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Kericuhan terjadi saat pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Bajo Kecamatan Soromandi, Rabu, 6 Juli 2022. Bahkan Kantor Pemerintah Desa (Pemdes) setempat dirusak sekelompok massa dengan cara melempar menggunakan batu dan kayu.

Pantauan Suara NTB di lokasi, kericuhan bermula saat sejumlah warga meminta ke pihak panitia agar pemilih dari Dusun Ndano Ndere memberikan hak pilih terlebih dahulu, mengingat lokasi atau tempat pemungutan suara cukup jauh.

Proses negosiasi tersebut mengundang kerumunan, warga ramai-ramai mendatangi TPS, tiba-tiba seorang warga yang diketahui bernama Ikra, warga Dusun Ndano Ndere terkena lemparan batu pada bagian muka oleh orang tak dikenal (OTK). Lemparan itu membuatnya terluka hingga dilarikan ke Puskesmas Soromandi.

Setelah kejadian itu, sebagian warga yang kebanyakan para pemilih kaum perempuan dari Ndano Ndere memilih pulang ke kampung. Selain itu, kantor Desa dilempar oleh sekelompok massa dengan menggunakan batu.

Akibat kejadian itu, Panitia Pilkades  terpaksa menunda sementara pemungutan suara. Beberapa jam kemudian, aparat gabungan Polisi dan Brimob tiba di lokasi untuk mengamankan dan bersama Camat Soromandi, Zulkifli MH, memfasilitasi agar proses pemungutan suara kembali dilaksanakan.

Setelah lama dan alotnya pembahasan, semua pihak sepakat untuk melanjutkan  pemungutan suara. Sementara warga Dusun Ndano Ndere yang sebelumnya pulang, dijemput oleh aparat Kepolisian menggunakan mobil Dalmas.

Hingga berita ini ditulis, pemungutan suara masih berlangsung. Setelah pemilih dari Dusun Ndano Ndere, akan dilanjutkan pemilih dari Dusun Bajo Utara. Sebelumnya warga Dusun Bajo Selatan lebih dulu melakukan pemungutan suara.

Sebelumnya Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, mengatakan pencoblosan atau pemungutan suara Pilkades serentak tahun 2022 akan berlangsung Rabu, 6 Juli 2022. Ia mengajak seluruh elemen dan semua pihak untuk mensukseskan Pilkades serentak 57 Desa tersebut. “Kami meminta dukungan semua pihak untuk keberhasilan pesta demokrasi tingkat Desa (Pilkades),” ujarnya.

Disamping itu Bupati berharap 57 Desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak mendapatkan pemimpin yang terpilih dengan demokratis serta amanah dalam mengemban tanggung jawab sebagai kepala desa pada periode berikutnya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada para Camat, Kades, Panitia dan Aparat keamanan yang telah membantu seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkades Serentak tahun 2022 sehingga dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” pungkasnya. (uki)