Mortir Diduga Peninggalan Perang Ditemukan di Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Nelayan menemukan 14 mortir yang diduga bom militer peninggalan perang di Kecamatan Alas Barat. Benda berdaya ledak tinggi itu, pertama kali ditemukan oleh warga setempat, Senin sore lalu di perairan depan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) desa Labuhan Mapin.

Dari informasi yang dihimpun, Team Penjinak Bom (JIBOM) Sub Den 3 Detasemen Gegana Sumbawa berhasil melakukan evakuasi mortir dimaksud. Pada Rabu lalu setelah terjun ke lokasi. Adapun ciri-ciri benda diduga bom militer tersebut yakni berbentuk seperti peluru, pada ujungnya terdapat proyektil yang memiliki 2 bagian mekanis.

Selanjutnya diamankan Ke Kompi 1 Batalyon B Pelopor Sumbawa Besar untuk diteliti dan ditangani lebih Lanjut. Kapolres Sumbawa AKPB. Esty Setyo Nugroho, saat dikonfirmasi, Kamis, 6 Juli 2022 membenarkan penemuan benda diduga bom tersebut. “Ditemukan oleh nelayan dan dilaporkan ke Polsek Alas Barat sehingga barang bukti diamankan di polsek. Tim Gegana Brimob sudah melakukan evakuasi,”sebutnya.

Sementara Camat Alas Barat Ardiansyah juga menyampaikan dari informasi yang diperolehnya di perairan Desa Labuhan Mapin pernah ada kapal jepang yang tenggelam. Bahkan disinyalirnya ada ratusan butir mortir. “Masyarakat setempat pun tidak berani mengambil karena dikhawatirkan masih aktif,” katanya seraya menambahkan hal ini sudah dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian. (arn)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lagu Sasak Masuk Kompilasi Video Musik Wonderland Indonesia 2

0
Mataram (Suara NTB) - Lagu Sasak “Lalo Ngaro” dari Lombok menjadi satu dari tujuh lagu daerah yang masuk dalam video musik Wonderland Indonesia 2:...

Latest Posts

Lagu Sasak Masuk Kompilasi Video Musik Wonderland Indonesia 2

Mataram (Suara NTB) - Lagu Sasak “Lalo Ngaro” dari...

1.856 Rumah di Kota Bima Masih Kumuh

Kota Bima (Suara NTB) - Dinas Pekerjaan Umum dan...

Bupati Lobar Promosikan Wisata Olahraga Bersepeda di Senggigi

Giri Menang (Suara NTB) - Keindahan alam dan pantai...

Kasus Tanah Eks GTI, Menteri ATR/BPN akan Cek ke Gili Trawangan

Jakarta (Suara NTB) – Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan...

Disnakertrans NTB Beberkan Modus Ijon pada Perekrutan CPMI

PENANGGULANGAN Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal tidak hanya menjadi...