Kembangkan Usaha Kreatif, PLN Berikan Bantuan bagi Penjahit di Desa Paokmotong

0
PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Lombok memberikan bantuan untuk para penjahit di Desa Paokmotong. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Sebagai bentuk komitmen untuk mengembangkan usaha ekonomi kreatif, PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Lombok memberikan bantuan kepada masyarakat yang tergabung dalam unit usaha kreatif masyarakat penjahit di Desa Paokmotong, Lombok Timur.

Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), bantuan diserahkan dalam bentuk Program Peningkatan Kemandirian Program Pemberdayaan Masyarakat Bidang Ekonomi Melalui Bantuan Unit Usaha Kreatif Masyarakat Penjahit dan Peningkatan Pendapatan di Desa Paokmotong. Bantuan senilai 100 juta tersebut diberikan dalam bentuk peralatan, yakni mesin jahit manual, mesin jahit listrik dan mesin obras. Tak hanya itu, PLN juga melakukan pendampingan serta pemasaran dari produk yang dihasilkan.

Ditemui di lokasi, Kepala Dusun Tunjang Utara Paokomotong, M. Rahmat Hidayat, menceritakan kondisi awal  sebelum adanya bantuan ini, dirinya mengalami kesulitan dalam mencari tempat untuk menjahit. Dengan masuknya bantuan PLN, akan sangat membantu membangun ekonomi, khususnya masyarakat  menengah ke bawah.  Rahmat  juga menjelaskan bahwa saat ini pihaknya telah memproduksi pesanan dari desa dan sekolah yang ada di sekitar lokasi.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada pihak PLN yang terkait semuanya dalam kegiatan ini. Semoga dengan bantuan ini mampu memotivasi masyarakat kami dan membangun ekonomi di masyarakat”, tutur Rahmat. Sementara itu, Hardiati, salah satu penerima manfaat menceritakan pengalamannya yang bisa kembali menjahit setelah menerima bantuan dari PLN. Sebelumnya, Hardiati sempat beristirahat menerima jahitan .

“Terima kasih untuk PLN. Kami biasanya menunggu untuk pesanan jahitan. Tapi setelah ada bantuan dari PLN, kami sangat terbantu untuk menyelesaikan pesanan jahitan karena sudah ada mesin jahit manual”, tutur Hardiati. Lulusan SMK tahun 2011 ini juga berharap semoga PLN ke depan lebih bisa membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, utamanya yang berada di sekitar lingkungan PLN.

Sementara itu, Nyoman Satriyadi Rai, Manager PLN UPK Lombok mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan ini  salah satunya bertujuan untuk memberikan  kesempatan masyarakat untuk bangkit dan berkreasi, khususnya di Lombok Timur. “Harapan kami, tentunya semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. PLN dapat terus bersinergi dan menjalin komunikasi yang intensif untuk turut andil dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” demikian Nyoman. (bul)