Kabupaten Bima Juara Umum MTQ XXIX di Lotim

0

Selong (Suara NTB) – Kabupaten Bima dinobatkan menjadi juara umum pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ke XXIX di Kabupaten Lotim. Kabupaten Bima menorehkan nilai tertinggi dibandingkan Sembilan kabupaten kota lainnya. Kabupaten Lotim sendiri sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat provinsi ini menduduki peringkat ke ketiga.

Pengumuman keputusan dewan hakam yang diketuai Dr. Lalu Ahmad Zainuri ini dibacakan Sekretaris Dewan Hakam, Abdul Aziz Fahmi saat penutupan MTQ XXIX di Lapangan Umum Gotong Royong Masbagik. Dibacakan Aziz, Kabupaten Sumbawa Barat Nilai 10 pada posisi terakhir.

Peringkat ke Sembilan diraih Kabupaten Lombok Utara (KLU) dengan nilai 17, urutan ke delapan Kabuapten Sumbawa dengan 19, urutan ke tujuh Kabupaten Dompu dengan nilai 26, Kota Mataram peringkat ke enam dengan nilai 46.

Pringkat kelima kota Bima dengan nilai 47, peringkat keempat Kabupaten Lobar dengan nilai 51, peringkat Ketiga Kabupaten Lotim dengan nilai 59. Peringkat kedua Kabupaten Loteng dengan nilai 60.

Kegiatan penutupan MTQ ke XXIX di Lotim berlangsung semarak. Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah. Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy. Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, wakil bupati Loteng, Wakil Bupati Dompu dan perwakilan dari kabupaten/kota yang lain.

Wakil Gubernur NTB, Hj. Siti Rohmi Djalilah menyampaikan pujiannya kepada Lotim yang sukses melaksanakan MTQ. Apa yang dialami selama satu pekan seolah tidak ingin ini berakhir. Setelah penutupan, mudahan girah dilaksanakan selama sepekan betul mendorong motivasi dan semangat membumikan quran di Lotim dan NTB. Rumah diisi lantnan Quran setiap hari.

Setiap mendengar bacaan quran bulu kuduk beridiri. Mengisi kalbu dan jiwa kita. Harapannya ini semua terpelihara dengan baik. “Lotim luar biasa, seluruh kafilah luar biasa,” ucapnya.

NTB pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia mudahan terus teraga oleh semua. Pekerjaan satu, jaga inflasi. Mudahan harga bahan pokok bisa dikendalikan. Energi positif di NTB mudahan tiga bulan pertama terus terjaga.

Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy dalam sambutannya mengatakan satu pekan penuh aktivitas dan dinamika. Kebersamaan antar kafilah. Suka dan riang setelah tampil mempesona. Sedih dan duka saat tidak tampil sempurna semua telah terekam dalam MTQ XXIX.

Patut disyukuri kata Bupati semua berjalan lancar meski diakui banyak kekurangan dalam pelayanan tuan rumah. Selaku tuan rumah, terus berikhtiar beri yang terbaik untuk suksesnya pelaksanaan MTQ. Bupati sampaikan terima kasih juga kepada semua pihak, utamanya pemprov NTB, LPTQ tingkat provinsi dan kabupaten. Lebih khusus Bupati sanjung warga Masbagik yang antusias menyukseskan acara. Bupati berharap, semoga yang terpilih mewakili NTB bisa harumkan nama daerah. Makin syiarkan nilai Quran. (rus)