Calon Pekerja Proyek Smelter, Persiapkan Persyaratan Sejak Sekarang

0
Tohirudin (Suara NTB/bug)

Taliwang (Suara NTB) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memberi saran kepada masyarakat yang berminat bekerja di proyek konstruksi smelter agar sejak sekarang menyiapkan diri. Terutama terkait persyaratan untuk kebutuhan lamaran, pihak dinas mengimbau mulai kini dapat dicicil untuk dilengkapi.

“Seperti kartu kuning (AK 1), surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan lainnya dibuat saja mulai sekarang,” kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja (Penta) Disnakertrans KSB, Tohirudin, Rabu, 6 Juli 2022.

Calon pekerja yang berniat melamar di proyek konstruksi smelter, menurut Tohir, jangan menunggu lowongan dibuka baru mengurus dokumen persyaratan yang dibutuhkan”Kalau sekarang misalnya buat kartu kuning, kan masih belum padat yang ajukan. Kalau tunggu pengumuman lowongan, jangan-jangan keteteran ngurusnya, sampai-sampai rekrutmen ditutup itu belum selesai,”  ujarnya.

Ia pun mempersilakan, bagi masyarakat yang ingin mengurus kartu kuning untuk datang ke kantor Disnakertrans KSB. Pihaknya, kata Tohir, tetap membuka layanan pembuatan salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan lamaran pekerjaan itu. “Tidak apa-apa dibuat sekarang. Masa berlaku kartu kuning dan SKCK dari kepolisian kan selama 6 bulan dan itu saya kira tetap bisa dipakai kalau rekrutmen (konstruksi) smelter yang rencananya mulai dibuka Oktober nanti,” paparnya.

Selain dokumen persyaratan, saran Tohir selanjutnya, mengenai kesehatan. Para calon pelamar kerja, kata dia agar benar-benar menjaga kesehatannya. Sebab syarat kesehatan akan menjadi hal penting lainnya yang diprioritaskan oleh perusahaan. “Pekerjaan konstruksi kegiatannya di luar ruangan dan itu butuh pekerja yang fisiknya prima,” imbuhnya.(bug)