Atlet SOINa NTB Persembahkan 7 Emas di Pesonas

0
Ketua  Pengprov SOINa NTB, H. Andy Hadianto berpose bersama atlet Pesonas NTB di salah satu venue Pesonas  I/2022 di Semarang, Rabu, 6 Juli 2022. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pengprov Special Olympic Indonesia (SOINa) NTB mengungkapkan kegembiraannya atas hasil yang dicapai oleh atlet tuna grahita NTB di Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) I (satu) yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), 3-8 Juli 2022.

Pasalnya kontingen NTB berhasil mempersembahkan 7 emas 13 perak dan 6 medali perunggu untuk NTB di ajang multi event olahraga nasional para atlet yang  bertalenta khusus itu.

“Alhamdulillah ini kegembiraan dan prestasi terbaik anak-anak spesial. Kegiatan ini juga merupakan seleksi bagi atlet untuk dapat mewakili Indonesia pada Summer Olympic World Games (SOWG) di Berlin-Jerman 2023,”ucap Ketua Pengprov SOINa NTB, H. Andy Hadianto yang dikonfirmasi Suara NTB via ponselnya, Rabu, 6 Juli 2022.

Dikatakan Andy, keberhasilan atlet NTB ini perlu dikampanyekan. Tujuannya untuk mengubah cara pandang masyarakat yang kerapkali memandang sebelah mata terhadap penyandang disabilitas.

“Masyarakat harus peka dan memberikan perhatian lebih kepada disabilitas maupun tuna grahita, karena mereka juga sama seperti kita. Mereka pun mempunyai potensi dan bakat di olahraga, seni, budaya dan bidang lainnya,” jelasnya.

Untuk diketahui Pesonas merupakan kompetisi olahraga bagi atlet-atlet bertalenta khusus atau tuna grahita dari seluruh Indonesia. Ajang tersebut menjadi kesempatan untuk mereka berprestasi, sekaligus penyemangat agar terus berekspresi.

Wakil Ketua Kontingen NTB, Hari Gunawan melaporkan bahwa  Provinsi NTB sendiri menurunkan sebanyak 35 atlet, 15 pelatih dan 9 ofisial di multi event yang melibatkan lebih kurang 2.500 atlet dari 24 provinsi di Indonesia. Dan kontingen NTB berhasil meraih sebanyak 26 medali, terdiri dari 7 emas, 13 perak dan 6 perunggu.

“Tujuh medali emas diraih NTB di cabor atletik empat medali emas, kemudian bocce,  renang dan bulutangkis masing-masing satu emas” ucapnya seraya menambahkan bahwa NTB mengikuti enam  mata lomba, yakni futsal, bocce, atletik, renang, bulutangkis, tenis meja dan seni tari dari  total 12 mata lomba yang dipertandingkan.

Ditambahkan, meski Pesonas masih berlangsung, namun perolehan medali NTB sudah berakhir kemarin karena  semua mata lomba yang diikuti kontingen NTB sudah rampung. (fan)

Rincian Perolehan medali NTB di Pesonas I/2022:

Rincian Perolehan medali NTB di Pesonas I/2022: