Unram Gagas Program SALL di Setiap Fakultas, Ikhtiar Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa dan Dosen

0
Workshop bertajuk Desain Pengelolaan Program Kelas Internasional dan Self-Access Language Learning (SALL) pada Senin, 4 Juli 2022 di Hotel Santika Mataram. (Suara NTB/ist)
ads top adsamman

Mataram (Suara NTB) – Universitas Mataram (Unram) menggelar workshop bertajuk Desain Pengelolaan Program Kelas Internasional dan Self-Access Language Learning (SALL) pada Senin, 4 Juli 2022 di Hotel Santika Mataram. Workshop ini bertujuan untuk membahas sistem Self-Access Language Learning (SALL) dan akreditasi internasional bagi program studi di Unram yang digagas oleh Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agt.St., Ph.D.

SALL merupakan program yang dibentuk untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa dan dosen. Wakil Rektor Bidang Akademik, Agusdin, SE., MBA., DBA. menyampaikan akan ada program SALL di masing-masing unit Unram.

“Dalam RKU bulan Mei lalu kita sudah sepakati di masing-masing unit itu ada SALL. Unit ini yang nantinya akan melayani mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris,” terang Agusdin.

Wakil Rektor Bidang Akademik juga menjelaskan dalam mempersiapkan Unram di tahap internasionalisasi, terdapat konsekuensi yang harus dihadapi yakni kemampuan berbahasa Inggris. Mulai tahun 2022 telah diberlakukan placement test (tes penempatan bahasa Inggris – red) di Pusat Bahasa bagi mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hal ini ditujukan untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa baru.

“Saya melihat hasilnya secara keseluruhan nilai tertinggi 563 dan terendah 253, atau rata-rata 366 skor TOEFLnya, jadi masih jauh di bawah 400. Dan kita memiliki tanggung jawab untuk bagaimana kita harus menyiapkan kemampuan mahasiswa tidak hanya melalui mata kuliah tetapi juga fasilitas,” ungkap Agusdin.

Terkait akreditasi internasional, saat ini Unram sedang mempersiapkan sekitar 13 program studi untuk sertifikasi dan akreditasi internasional, dengan syarat memiliki kelas internasional. Unram juga telah mengimplementasikan syarat skor TOEFL 400 bagi mahasiswa S1, 450 untuk S2, dan 500 bagi S3 sebagai syarat kelulusan.

Adapun beberapa materi workshop yang dipaparkan di antaranya adalah Program SALL yang disampaikan oleh Kepala UPT Pusat Bahasa, Drs. I Made Sujana, M.A.; Pengelolaan Kelas Internasional oleh Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST., MT., M.Eng., dari Universitas Udayana (Unud) yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Internasional Unud; serta Pengelolaan Kerja Sama Internasional oleh Kepala Kantor Urusan Internasional Unram, Prof. Ir. Dahlanuddin, M.Rur.Sc., Ph.D. (ron)