SMAN 1 Mataram Dibanjiri Pendaftar PPDB Jalur Zonasi

Mataram (Suara NTB) –  SMAN 1 Mataram dibanjiri pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Zonasi. Pendaftaran PPDB jalur zonasi dibuka mulai Senin, 4 Juli 2022 sampai dengan Rabu, 6 Juli 2022. Namun pada hari kedua, Selasa, 6 Juli 2022, pendaftar di SMAN 1 Mataram sudah menembus angka 409 pendaftar. Padahal total daya tampung keseluruhan SMAN 1 Mataram sebanyak 288 orang.

Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Mataram, Burhanudin pada Selasa, 5 Juli 2022 mengatakan, pendaftar jalur zonasi di SMAN 1 Mataram mencapai 409 orang. Pihaknya melayani pendaftar di Aula SMAN 1 Mataram. Tidak hanya jalur zonasi, SMAN 1 Mataram juga dibanjiri pendaftar saat PPDB jalur prestasi.

Menurutnya, tidak ada kendala dalam pendaftaran PPDB jalur zonasi di tahun ini. “Kendala tidak ada yang kami hadapi, insya Allah lancar,” ujar Burhanudin yang juga Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMAN 1 Mataram.

Seleksi oleh sistem pada 7 Juli sampai dengan 9 Juli 2022. Pengumuman seleksi pada 11 Juli 2022. Pendaftaran ulang pada 12 sampai dengan 15 Juli 2022. PPDB jalur zonasi merupakan kesempatan terakhir bagi masyarakat untuk mendaftar di SMA negeri pada tahun pelajaran 2022/2023.

Salah satu yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya yaitu mengenai pengukuran jarak di PPDB jalur zonasi. Jarak antara calon siswa dan sekolah akan menggunakan aplikasi peta digital

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., mengatakan, untuk PPDB SMA, jalur zonasi menggunakan jarak udara dengan aplikasi Google Earth atau Google Map. “Di samping itu Status keluarga dalam Kartu Keluarga ada urutan prioritasnya,” ujarnya.

Aidy menjelaskan,  urutan prioritas di kartu keluarga yaitu anak kandung, cucu, dan keluarga lain. Kebijakan ini untuk menyeleksi siswa baru sesuai jalur zonasi.

Sekretaris Panitia PPDB Dinas Dikbud NTB, Muazam dihubungi pada Senin, 4 Juli 2022 mengatakan, jika ada masalah saat pendaftaran PPDB jaluar zonasi, masyarakat tinggal menghubungi admin PPDB. “Bisa langsung, atau bisa melalui operator sekolah tujuan mendaftarnya,” ujarnya.

Sebelumnya PPDB jenjang SMA Negeri diawali dengan PPDB jalur prestasi yang dibuka pada 20 sampai dengan 22 Juni 2022, dan diumumkan pada 25 Juni 2022. Selanjutnya PPDB jalur perpindahan orang tau dan jalur afirmasi yang dibuka pada 27 sampai dengan 29 Juli 2022,dan diumumkan pada 2 Juli 2022.  (ron)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

KEK Diharap Kembangkan Kawasan Ekonomi Daerah

0
Mataram (Suara NTB) - Membangun beberapa pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) diharapkan menjadi enzim untuk percepatan ekonomi daerah. Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H....

Latest Posts

KEK Diharap Kembangkan Kawasan Ekonomi Daerah

Mataram (Suara NTB) - Membangun beberapa pengembangan kawasan ekonomi...

Petani Porang di Sekotong Tengah Keluhkan Ruas Jalan Rusak

Akibat jalan rusak di wilayah terisolir Dusun Serero Desa...

Peredaran Dua Kilogram Narkoba di NTB Digagalkan

Mataram (Suara NTB) - Polda NTB menggagalkan peredaran narkoba...

Polisi Kantongi Hasil Audit Kerugian Negara Kasus Dana Kapitasi Puskesmas Babakan

Mataram (Suara NTB) - Polresta Mataram mengaku sudah menerima...