Pengunjung Pusat Perbelanjaan Wajib Booster

0
I Nyoman Suandiasa. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah pusat akan kembali menerapkan kebijakan pemberlakuan persyaratan vaksinasi ketiga atau booster sebagai syarat mobilitas masyarakat ke area publik. Pengunjung di pusat perbelanjaan wajib menunjukkan kartu vaksin dosis ketiga tersebut.

Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kota Mataram, Drs. I Nyoman Suwandiasa menjelaskan, kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat menempatkan Kota Mataram pada PPKM level I. Artinya, tidak ada hal yang signifikan terhadap lonjakan kasus maupun tata kelola penanganan Covid-19.

Kendati demikian, lonjakan kasus Covid-19 secara nasional sehingga mempersyaratkan masyarakat untuk vaksinasi dosis ketiga atau booster. Vaksin booster menjadi syarat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan atau mall, bioskop,dan rumah makan. “Memang ada kebijakan baru pemerintah pusat yang akan diberlakukan dalam dua pekan kedepan,” kata Nyoman dikonfirmasi, Selasa, 5 Juli 2022.

Sejauh ini, kasus harian Covid-19 di Kota Mataram dapat dikendalikan atau tidak terlalu signifikan. Meskipun pada tanggal 18-28 Juni ada kenaikan lima kasus Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh. Pasien yang terkonfirmasi positif corona virus disease memiliki gejala ringan. Ia menegaskan, bukan varian baru Covid-19. “Cuma gejala ringan saja dan sudah sembuh,” ujarnya.

Nyoman mengatakan, kebijakan pemerintah pusat tersebut seiring dengan pelandaian protokol kesehatan. Penggunaan aplikasi PeduliLindungi akan digenjot kembali di pusat perbelanjaan, bioskop, maupun rumah makan. Kapasitas pengunjung khusus daerah kategori PPKM level I dipersyaratkan 90 persen. Beda dengan daerah dengan PPKM level II dibatasi kapasitas pengunjung 50 persen.

Pelayanan vaksinasi dosis I, dosis II, maupun dosis III seluruh fasilitas kesehatan di Kota Mataram, siap melayani masyarakat. Masyarakat diimbau untuk datang ke puskesmas maupun rumah sakit untuk mendapatkan vaksin booster. (cem)