Pemotongan Hewan Kurban Dipusatkan di RPH

0
Salah satu perusahaan swasta di Kota Mataram mengantar hewan kurban yang diserahkan ke Pemkot Mataram,Senin, 4 Juli 2022. Pemkot Mataram menyarankan pemotongan hewan kurban dipusatkan di rumah pemotongan hewan untuk mempermudah pengawasan oleh petugas. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemotongan hewan kurban di Kota Mataram dipusatkan di rumah pemotongan hewan (RPH). Kebijakan ini untuk memastikan kesehatan sapi maupun kambing sebelum disembelih. Penyaluran daging juga diatur secara teknis.

Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang menargetkan belasan ekor sapi maupun kambing bisa disalurkan kepada masyarakat pada perayaan Idul Adha pekan ini. Secara simbolik, satu ekor sapi dipotong di Kantor Walikota Mataram. Selebihnya, penyembelihan hewan kurban akan dipusatkan ke rumah pemotongan hewan. “Kemungkinan kita hanya simbolik saja. Nanti selebihnya diserahkan ke RPH untuk pemotongannya,” kata Martawang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa, 5 Juli 2022.

Pembagian daging kurban tidak lagi dipusatkan di Kota Mataram. Mekanisme penyalurannya juga akan diatur secara teknis. Pihaknya mengindari terjadi penumpukan di satu tempat seperti tahun-tahun sebelumnya. “Nanti diatur bagaimana teknisnya,” pungkasnya.

Martawang belum berani memastikan jumlah hewan kurban baik itu sapi maupun kambing yang akan disalurkan oleh Pemkot Mataram. Pasalnya, terjadi penambahan jumlah hewan kurban yang diterima dari perusahaan swasta maupun perusahaan milik pemerintah. Disebutkan, Bank NTB Syariah awalnya hanya menyalurkan satu ekor sapi justru bertambah menjadi dua ekor sapi. Demikian juga, Badan Amil Zakat Nasional sebelumnya bersedia satu ekor sapi kemudian bertambah menjadi dua ekor. “Artinya, ini terus terjadi penambahan jumlah hewan kurban,” tandasnya.

Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak ditemukan di Kota Mataram. Minimnya jumlah petugas kesehatan hewan untuk melakukan pengecekan kesehatan. Ia mengimbau, masyarakat maupun panitia penyaluran hewan kurban agar menggunakan rumah pemotongan hewan, sehingga mempermudah petugas melakukan pengawasan dan lain sebagainya. (cem)