Rapat Paripurna, Gubernur Sampaikan Rencana Dua Kali Event MXGP di NTB Tahun Depan

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah menyampaikan rencana event Motocross Grand Prix (MXGP) yang akan digelar sebanyak dua kali di Provinsi NTB tahun 2023 mendatang. Gubernur menyampaikan hal tersebut dalam sidang paripurna DPRD NTB yang berlangsung Senin, 4 Juli 2022.

Gubernur mengatakan, gelaran MXGP Samota telah sukses digelar dengan jumlah penonton yang cukup besar. Event tersebut diyakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan usaha yang dijalankan seperti akomodasi, transportasi, kuliner, suvenir dan usaha lainnya.

Gubernur mengatakan, MXGP yang baru saja selesai digelar di Sumbawa merupakan satu-satunya event Motocross internasional yang digelar di Asia. Sebab sebelumnya para pembalap sudah menyelesaikan balapannya di Jerman sebelum ke Samota. Setelah selesai di Samota, mereka kembali ke Republik Ceko untuk menuntaskan seri balapan selanjutnya.

Karena cukup melelahkan perjalanan dari Eropa ke Sumbawa, ditambah lagi dengan ekstremnya sirkuit MXGP, sehingga seri balapan Motocross ini diupayakan digelar dua kali di NTB tahun depan yaitu di Sumbawa dan Lombok. Hal ini juga untuk meningkatkan okupansi hotel di NTB karena durasi tinggal di daerah ini menjadi lebih panjang dari biasanya.

“Mulai tahun depan, mereka memberi masukan pada kami. Karena terlampau berat perjalanan dari Eropa ke Sumbawa, kalau bisa dua seri MXGP yang diselenggarakan di Indonesia tidak lagi di Sumatera, Jawa atau Sulawesi, namun dua-duanya akan dilaksanakan di NTB. Satu di Sumbawa dan satu lagi di Pulau Lombok,” ujar Gubernur.

Untuk trek sirkuit di Lombok, karakternya berbeda dengan di Samota yang terkenal ekstrem. Trek di Lombok nantinya lebih ramah terhadap para pembalap,  karena yang tak kalah penting dari event itu adalah kegiatan liburan bagi kru, pembalap maupun tim dari Infront yang berasal dari luar negeri.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga menyampaikan permohonan maaf ke pihak legislatif jika selama perhelatan event ini Pemprov NTB terkesan sangat memberikan atensi pada gelaran ini. Gubernur beralasan, efek event otomotif internasional ini memiliki dampak efek tetes yang besar bagi masyarakat.

“Jadi mohon maaf kalau kemarin kami terkesan memberikan perhatian yang besar pada penyelenggaraan MXGP ini, karena memang tak mudah memperebutkan menjadi tuan rumah MXGP karena banyak sekali daerah lain yang ingin event tersebut dilaksanakan di provinsinya masing-masing,” ujarnya.

Selain MXGP Samota, ada sejumlah event internasional lainnya yang akan digelar di NTB tahun ini dan di tahun-tahun yang akan dating, sehingga kemitraan yang baik dengan legislatif menjadi salah satu hal yang harus terjaga.

“Tentunya masih banyak agenda besar yang kita hajatkan bersama untuk membangun NTB, karenanya kebersamaan dan kemitraan yang utuh dari legislatif merupakan kekuatan besar yang harus terjaga. Kalau ada riak-riak kecil, itu adalah bagian dari kesehatan kita berdemokrasi untuk konsolidasi yang lebih baik di NTB,” tutupnya.(ris)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

0
Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang dilaksanakan oleh berbagai pihak berlangsung meriah, tak terkecuali PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang...

Latest Posts

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang...

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...