Persiapan Ekspor, Koperasi Porang Siapkan 2 Ton Per Hari

Tanjung (Suara NTB) – Kelompok Koperasi Porang, Berkah Gumi Lombok, Kabupaten Lombok Utara (KLU) sedang mempersiapkan chips porang untuk diekspor akhir bulan Juli mendatang. Seluruh kelompok petani porang di Lombok Utara, mengirimkan bahan mentah untuk diproses di satu titik, sentra porang di Desa Akar-Akar, Kecamatan Bayan.

Ketua Koperasi BGL – Lombok Utara, Putra Anom, kepada Suara NTB, Senin, 4 Juli 2022 mengatakan, pihaknya telah menargetkan setiap kelompok untuk memanen dan mengirim hasil panen umbi porang, minimal 2 ton per hari. Kuota tersebut untuk mencukupi kebutuhan ekspor chips yang dimulai dari proses pencucian, pemotongan dan pengeringan chips.

“Untuk hari ini saja, sudah masuk dari kelompok 15 ton. Kami targetkan minimal 2 ton per hari yang masuk dari kelompok,” ucap Putra Anom.

Kendati sudah memiliki angka target suplai umbi porang untuk tiap kelompok, namun Koperasi BGL masih harus membatasi panen dan pengiriman tiap kelompok. Apabila tidak diatur, lahan di mana lokasi tampungan umbi tidak akan cukup untuk menampung setiap pengiriman per hari.

Selain itu, pihaknya juga perlu menyesuaikan kemampuan dan kapasitas pengolahan dari mesin olahan bantuan PT. Astra Internasional. “Begitu juga dengan ketersediaan para-para atau lantai jemur. Saat ini kami baru bisa mengolah umbi porang sebanyak 2 ton/hari. Kita masih membatasi dan memberi jadwal pada kelompok agar teratur dan menyesuaikan jumlah tenaga kerja di lahan pengolahan. Karena kita masih memprioritaskan warga desa setempat di tempat pengolahan,” sambungnya.

Putra Anom optimis, pihaknya dalam persiapan matang sampai tibanya waktu peluncuran ekspor yang akan dihadiri pejabat Kementerian dan Pemda Lombok Utara. “Kita optimis, proses launching ekspor nanti akan berjalan lancar. Bahan baku juga tersedia sesuai kapasitas yang dibutuhkan untuk ekspor,” pungkasnya. (ari)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...