Pendaftar PPDB Jalur Zonasi Membeludak, Banyak Masyarakat Belum Memahami Pendaftaran Daring

0
Suasana PPDB jalur zonasi di SMAN 4 Mataram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –  Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi jenjang SMA negeri mulai dibuka pada Senin, 4 Juli 2022. Masyarakat membeludak mendaftar di hari pertama. Masih banyak masyarakat yang belum memahami pendaftaran secara daring, pihak sekolah melayani pendaftaran daring dari masyarakat.

Ketua Panitia PPDB SMAN 4 Mataram, Suryati pada Senin, 4 Juli 2022 mengatakan, pendaftar di SMAN 4 Mataram pada hari pertama pada pukul 13.23 Wita lebih dari 305 orang, 200 orang di antaranya sudah verifikasi. Diakuinya, sebagian besar calon siswa dan orang tua calon siswa tidak memahami cara daftar daring PPDB jalur zonasi. Di samping itu, masih adanya kesalahan data. Namun masalah tersebut bisa diselesaikan oleh tim panitia.

“Alhamdulillah permasalahan selesai ditangani team operator panitia PPDB SMAN 4 Mataram,” ujar Suryati.

Berbagai permasalahan saat pendaftaran PPDB, menurut Suryati, diminta agar diselesaikan di sekolah. kuota jalur zonasi di SMAN 4 Mataram sebanyak 134 orang, tapi diakumulasikan dengan jatah kuota jalur prestasi non akademik, keagamaan dan perpindahan orang tua yang tidak terpenuhi kuotanya. Maka total kuota untuk jalur zonasi di SMAN 4 Mataram mencapai 149 orang.

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi dibuka pada Senin (4/7) sampai dengan Rabu (6/7). Seleksi oleh sistem pada 7 Juli sampai dengan 9 Juli 2022. Pengumuman seleksi pada 11 Juli 2022. Pendaftaran ulang pada 12 sampai dengan 15 Juli 2022. PPDB jalur zonasi merupakan kesempatan terakhir bagi masyarakat untuk mendaftar di SMA negeri pada tahun pelajaran 2022/2023.

Suryati mengatakan, untuk menyambut PPDB tahun ini, pihaknya telah melakukan persiapan sarana dan prasarana ruang sekretariat dan ruang tim verifikasi.

“Disiapkan juga layanan bagi calon peserta didik yang tidak bisa melakukan pendaftaran online secara mandiri. Karena moto kami siap memberikan layanan terbaik. Kami menyiapkan tim khusus yang akan melayani langsung masalah tersebut untuk mempermudah calon peserta didik,” ujarnya.

Selain itu, Suryati mengatakan, pihaknya telah menyiapkan spanduk yang berisi informasi lengkap tentang Juknis PPDB. Brosur juga disebar melalui media sosial dan juga selebaran. “Tenaga-tenaga yang berpengalaman sengaja kami rekrut sebagai tim, sehingga kenyamanan kebersamaan terjalin, dan kami bisa melaksanakan tugas dengan penuh kebahagiaan,” jelasnya.

Sekretaris Panitia PPDB Dinas Dikbud NTB, Muazam dihubungi pada Senin, 4 Juli 2022 mengatakan, jika ada masalah saat pendaftaran PPDB jaluar zonasi, masyarakat tinggal menghubungi admin PPDB. “Bisa langsung, atau bisa melalui operator sekolah tujuan mendaftarnya,” ujarnya.

Sebelumnya PPDB jenjang SMA Negeri diawali dengan PPDB jalur prestasi yang dibuka pada 20 sampai dengan 22 Juni 2022, dan diumumkan pada 25 Juni 2022. Selanjutnya PPDB jalur perpindahan orang tau dan jalur afirmasi yang dibuka pada 27 sampai dengan 29 Juli 2022,dan diumumkan pada 2 Juli 2022.  (ron)