Nurul Iqamah Ambil Bagian di Kejuaraan Dunia

0
Nurul Iqamah. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Atlet panjat tebing NTB, Nurul Iqamah ambil bagian mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing yang berlangsung di Villars, Swiss 3 Juli lalu.  Hasilnya Nurul belum  berhasil naik podium, pasalnya atlet asal Kota Bima itu tersingkir di babak 1/8 besar.

Ketua Harian  Federasi Panjat Tebing  Indonesia (FPTI) NTB, Adi Hendra Susanto yang dikonfirmasi Suara NTB di Mataram, Senin, 4 Juli 2022 mengatakan Nurul Iqamah turun di nomor speed WR putri pada kejuaraan dunia belum lama ini. Di nomor speed WR itu melibatkan 48 atlet dari berbagai negara di dunia. “Nurul hanya sampai 1/8 final aja di villars kemaren,” ucapnya.

Dikatakan Adi, Indonesia mengirim sebanyak 22 atlet di event tersebut,  salah satunya atlet asal NTB, Nurul Iqamah. Keberangkatan puluhan atlet itu di lepas secara resmi oleh Ketua Umum PB FPTI, Yenny Wahid. Mereka akan mengikuti dua sering Kejuaraan IFSC Word Cup 2022 dan The World Games 2022.

Keikutsertaan atlet Indonesia di kejuaraan tersebut untuk mencari poin tertinggi dalam rangka mengejar tiket Olimpiade, Paris 2024. Rencananya dalam bulan ini ada tiga seri yang akan diikuti Nurul dan kawan-kawan. Untuk seri selanjutnya akan berlangsung di Francis akhir bulan ini.

Sebagai pengurus FPTI NTB, Adi tak ingin membebani Nurul dengan target di kejuaraan dunia. Namun dia berharap keikutsertaan Nurul di Kejuaraan Dunia dapat memaksimalkan kemampuan Nurul dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut) tahun 2024.

Sebagaimana diketahui Nurul berhasil menyumbang dua emas dan satu perak di PON XX Papua tahun 2021. Sukses mendulang dua emas di PON XX/2021, Nurul Diharapkan dapat mempertahankan dua emas di PON XXI/2024, dan kalau bisa meraih lebih dari dua emas. (fan)